BPJS Ketenagakerjaan Naikkan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian

 

Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – BPJS Ketenagakerjaan berhasil melakukan launching call name menjadi BPJAMSOSTEK pada tahun 2019. Selain launching call name, ada sejumlah gebrakan positif lainnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kendari, Muhyiddin Dj, menuturkan ada kenaikan manfaat jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian tanpa ada kenaikan Iuran.

“Melalui Perpres 82 Tahun 2019 yang telah ditandatangani oleh Bapak Presiden, ada kenaikan signifikan dari manfaat BPJS Ketenagakerjaan, utamanya pada beasiswa, yang dulunya 12 juta untuk satu orang anak, dinaikkan menjadi dua orang anak, untuk masa pendidikan TK hingga sarjana dengan total 174 juta rupiah,”jelasnya.

Ia menuturkan untuk pekerja di sektor jasa konstruksi sangat berbeda dengan kategori peserta lainnya. Iuran yang dibebankan dihitung hanya berdasarkan nilai proyek dan dibayarkan hanya satu kali selama proyek terlaksana.

“Untuk pekerja di sektor jasa konstruksi sangat berbeda dengan kategori peserta lainnya. Iuran yang dibebankan dihitung hanya berdasarkan nilai proyek dan dibayarkan hanya satu kali selama proyek terlaksana. Setelahnya, perlindungan akan berjalan untuk seluruh tenaga kerja yang terlibat dalam proyek tersebut. Walaupun mutasi tenaga kerjanya dalam hitungan minggu bahkan hari,” tuturnya.

Reporter: Rais
Editor: Fiyy

BPJAMSOSTEKBPJS Ketenagakerjaankenaikan jaminan sosial kecelakaan dan kematianKota KendariSulawesi Tenggara