Peneliti Arkeologi Ungkap Lukisan Gua Tertua di Dunia Lokasinya di Sulsel

 

Gua Leang Bulu Sipong 4, Sulawesi Selatan. —-ist—–

JAKARTA – Kepopuleran lukisan  Gua Liang kabori di Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara ternyata mengungkap fakta baru. Lukisan di Gua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun itu ternyata bukan yang tertua di dunia.  Pasalnya, tim peneliti Arkeologi, hasil kolaborasi antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Balitbang Kemendikbud, dan Griffith University, Australia, berhasil mengungkap secara ilmiah Lukisan Gua tertua di dunia ternyata ada di Sulawesi Selatan (Sulsel), tepatnya  di Gua Leang Bulu Sipong 4, tepatnya di wilayah Kabupaten Maros-Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Penemuan ini juga didukung Badan Arkeologi Makassar dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar.

Berdasarkan hasil peluruhan radioaktif uranium dan mineral lainnya, lukisan itu berusia antara 35.100 sampai 43.900 ribu tahun. Penanggalan radiokarbon dilakukan oleh University of Queensland’s Radiogenic Isotope Facility.

Lukisan menggambarkan adegan sekelompok figur setengah manusia dan setengah hewan(Therianthropes) yang berburu hewan mamalia besar dengan tombak dan tali.

“Pemburu yang digambarkan pada dinding Gua Leang Bulu Sipong 4 ini adalah sosok sederhana dengan tubuh seperti manusia. Berkepala manusia dan bagian tubuh lainnya berasal dari burung, reptil, dan spesies endemik Sulawesi lainnya,” terang anggota tim peneliti, Oktaviana, dalam keterangannya seperti dikutip AsiaToday, is, Jumat (13/12/2019).

Oktaviana menuturkan Therianthropes ini digambarkan sedang menangkap enam mamalia yang melarikan diri. Terdiri atas dua ekor babirusa dan empat anoa. Menariknya, kata dia, beberapa tokoh menangkap hewan berbahaya ini dengan tali panjang.

Professor Maxime Aubert dari Place menjelaskan bahwa lukisan sederhana ini mengalami perkembangan menjadi karya seni artistik yang lebih canggih. Ditandai dengan munculnya motif kuda dan hewan lainnya. Aubert mengatakan lukisan ini amat jarang ditemukan hingga sekitar 20 ribu tahun lalu.

“Keberadaan lukisan gua di Leang Bulu Sipong 4 ini memberikan pengetahuan bahwa tidak ada evolusi seni dari simpel menjadi kompleks pada 35 ribu tahun lalu, paling tidak di Asia Tenggara,” kata Aubert.

Sementara itu, mitra peneliti Adam Brumm dari ARCHE menjelaskan Therianthropes ada di dalam cerita rakyat atau cerita fiksi pada masyarakat modern. Therianthropes ada di semua tempat dan digambarkan seperti tuhan, roh, maupun perwujudan leluhur di semua agama. (ATN)

Liangkabori