Kapal Gratis Raha-Maligano, Bisa Angkut Kendaraan dan Beroperasi Dua Kali Sepekan

KM Gandha Nusantara kapal rede yang akan beroperasi di lintasan Raha-Maligano. Foto-Adhi

MUNA, LENTERASULTRA.COM-  Penduduk Maligano, Kecamatan Maligano yang ingin bolak balik  ke Raha, ibukota Kabupaten Muna tidak susah lagi. Mulai hari ini, Minggu (8/12/2019) Pemda Muna bersama PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), telah meresmikan pengoperasian KM. Gandha Nusantara 19.

Kapal jenis Rede itu, akan menghubungkan daratan pulau Muna dan daratan Pulau Buton.  Kapal ini dioperasikan PT Pelni. Penumpang yang naik di Kapal ini tidak dipungut biaya alias gratis. Capt CApt A Sadikin MM.MMar kepala PT. Pelni Cabang Baubau mengatakan, kapal rede yang beroperasi di lintasan Raha-Maligano dan sebaliknya berjenis Landing Craft Tank (LCT) dengan ramp door di haluannya.

Kapal ini, dapat dimanfaatkan untuk banyak kegiatan mulai dari memuat penumpang hingga kendaraan. “Tergantung sarana pelabuhannya. Untuk Raha bisa memuat sepeda motor. Tapi di Maligano tidak bisa,” kata Capt A Sadikin. Dia berharap, kehadiran kapal tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh penduduk dari Maligano maupun Raha.

Fasilitas kursi penumpang yang tersedia di dek bawah KM Gandha Nusantara 19. Foto-Adhi

Sementara Capt Haryanto, Nakhoda KM Gandhi Nusantara mengatakan, sesuai rencana kapal jenis Rede itu akan beroperasi dua kali dalam sepekan. Jadwalnya, setiap hari Sabtu jam 13.00 dari Raha ke Maligano sementara dari Maligano ke Raha dijadwalkan setiap hari Minggu jam 08.00 pagi.

Fasilitas di dalam kapalnya, dijamin full AC. Mengenai kapasitas penumpang yang bisa diangkut KM Gandha Nusantara sebanyak 80 orang. Jumlah ini sesuai dengan kapasitas kursi yang ada. Dimana untuk kursi dibagian dek bawah sebanyak 56 kursi dan di dek atas 12 kursi.

Selain itu, juga tersedia ruang dek depan yang bisa memuat 20 kendaraan roda dua dan 2 roda empat. “Sementara lama perjalanan dari Raha-Maligano dengan panjang lintasan sekitar 10 mil, bisa ditempuh antara 1 jam hingga 1 jam 20 menit,” ungkap Haryanto, saat ditemui di atas KM Gandha Nusantara 19, Minggu (8/12/2019).

Penulis :Fifi

Editor :Adhi

Kapal Gratis Raha MaliganoPemda MunaPT Pelni