Bupati Muna Resmikan Pengoperasian KM Gandha Nusantara 19

Bupati Muna LM Rusman Emba bersama Kepala Cabang PT Pelni Baubau Capt A Sadikin bersama rombongannya berfoto bersama diatas kapal KM Gandha Nusantara 19 usai diresmikan pengoperasiannya, Minggu (8/12/2019). Foto-Fify

MUNA-LENTERASULTRA.COM- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan Pemkab Muna bergerak cepat memenuhi kebutuhan transportasi penduduk Maligano. Begitu KM Gandha Nusantara 19, tiba di Raha, ibukota Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), para petinggi dari dua institusi berbeda itu, bersepakat untuk meresmikan pengoperasiannya.

Seremoni peresmian KM Gandha Nusantara 19 dilaksanakan di Pelabuhan Lagasa, Kota Raha, Minggu (8/12/2019). Kegiatan ini dipimpin langsung Bupati Muna LM Rusman Emba serta dihadiri pimpinan PT Pelni Cabang Baubau Capt A Sadikin dan sejumlah pejabat Muna dan PT Pelni.

Launching pengoperasian kapal rede itu tidak seperti acara seremoni lazimnya. Jika acara peresmian, kerap ditandai dengan pengguntingan pita, maka peresmian kapal gratis Raha-Maligano dilaksanakan dengan menggelar syukuran sesuai tradisi yang dilakukan masyarakat Muna. Bupati Muna, Pimpinan PT Pelni dan rombongannya masing-masing, duduk bersila di lantai sambil mengelilingi sajian makanan tradisi Muna yang di simpan ditalang dan ditutupi kain putih.

Bupati Muna LM Rusman Emba bersama Kepala cabang PT Pelni Baubau duduk bersila menggelar syukuran peresmian KM Gandha Nusantara 19 di Pelabuhan Lagasa, Kota Raha, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara. Foto-Fify

Bupati Muna, Rusman Emba mengatakan, beroperasinya kapal Gandha Nusantara di rute Raha-Maligano merupakan nikmat yang luar biasa sekali bagi masyarakat Muna. “Dengan adanya Veri ini saya berharap agar dijaga dan dimanfaatkan. Karena apabila kita bersyukur maka Tuhan akan menambahkan nikmat yang lebih besar lagi,” kata Rusman saat menyampaikan sambutannya.

Orang nomor satu di Bumi Sowite itu menambahkan, KM Gandha Nusantara dioperasikan PT Pelni dan digratiskan bagi penggunanya. Olehnya itu, Rusman tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pelni Cabang Baubau.

“Terima kasih kepada Kepala Pelni cabang Bau-Bau yang telah memberi kepercayaan kepada pemerintah daerah, sehingga KM. Ganda Nusantara 19 bisa beroperasi di Muna,” sambungnya.

Sementara Kepala cabang Pelni Baubau, Ahmad Sadikin mengatakan, keberadaan KM Gandha Nusantara di Muna atas usaha dan lobi-lobi yang dilakukan Bupati Muna di Kementrian Perhubungan RI. Dan sampai saat, kapal jenis Rede ini yang pertama beroperasi di Muna

“Kami hadir untuk melayani masyarakat Muna khususnya Raha-Maligano dan Maligano-Raha tanpa biaya alias gratis. Sehingga kami berharap kepada semua pihak untuk menjaga aset negara ini. Masyarakat Muna harus bangga memiliki Bupati seperti Pak Rusman Emba,” ungkapnya

Reporter: Fifhy

Editor : Adhi

Bupati MunaPeresmian KM Gandha NusantaraPT Pelni