Kolaka Diguncang Gempa 2,9 Magnitudo

 

Pusat lokasi gempa sumber BMKG. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Gempa bumi dengan kekuatan 2,4 magnitudo mengguncang Kolaka, Sabtu (07/12/2019) pukul 11.09 Wita. Lokasi gempa terletak pada koordinat 4.14 LS (Lintang Selatan) dan 121.57 BT (Butur Timur) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 10.2 kilo meter barat daya, Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 kilo meter.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kolaka di Barat daya Kolaka.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menyatakan, gempa yang mengguncang wilayah Kolaka tidak berpotensi sunami. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga pukul 11.50 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

GempaKolaka