Jelang Kunjungan Jokowi, Hotel di Kendari Mendadak Full, Panitia Sewa Kosan

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, Nismawati. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Hotel di Kendari mendadak penuh menjelang kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo ke Kota Kendari. Rencananya, orang nomor satu di Indonesia itu akan bertandang ke Kota Kendari pada 1 November 2019.

Kedatangan Jokowi dalam rangka perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang ke 39 tahun. Kota Kendari terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan event bergengsi tersebut.

Diduga, hotel-hotel yang ada di Kota Kendari sudah dipesan oleh para tamu-tamu dari berbagai daerah maupun mancanegara untuk kegiatan HPS.

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, Nismawati mengatakan, tercatat sebanyak 110 hotel yang ada di Kota Lulo sudah dibooking. Bahkan, kamar hotel yang disediakan kabarnya tak cukup untuk menampung tamu yang jumlahnya mencapai 20 ribu tersebut.

Sebagai alternatif, pihak panitia mencarikan penginapan, wisma dan kos-kosan.

“Hotel yang ada di Kota Kendari sebanyak 110 unit. Nah 110 unit ini, hanya menyediakan fasilitas kamarnya  sekira 4 sampai 5 ribuan. Kamar hotel yang ada hanya mampu menampung sekitar 8.890 orang. Sementara peserta yang akan hadir diperkirakan sampai 20 ribuan. Tentu dengan jumlah kamar yang tersedia di hotel, tidak mampu mengkafer semuanya. Jadi kita carikan penginapan, wisma dan kos-kosan bahkan kita sewakan rumah warga,” katanya

Kata dia, selama berkunjung di Kota Kendari,  Presiden ketujuh RI bersama rombongan akan menginap di Grand and Convention Claro.

Untuk diketahui, kegiatan HPS akan berlangsung selama 4 hari. Untuk pembukaan HPS dijadwalkan pada 2 November 2019 dan dipusatkan di MTQ Kendari.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
HPS