Rusman Emba Berpeluang 2 Periode, Jika…

Pengamat Politik Sultra, Najib Husen. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna, Rusman Emba memiliki peluang yang sangat besar untuk menang Pilkada Muna atau menjabat dua periode, jika KPU hanya menetapkan 3 pasangan calon (Paslon). Sebab suara sang petahana akan menjadi solid.

“Saya rasa kalau tiga calon, akan menguntungkan posisi Rusman Emba. Situasi harus dimanfaatkan dengan oleh mantan Anggta DPD RI itu,” ujar Pengamat Politik Sultra, Najib Husen saat ditemui jurnalis Lenterasultra.com di Kendari.

Sementara, peluang Rajiun Tumada maju di Pilkada Muna dengan konstalasi 3 calon. Dosen FISIP UHO ini memprediksi, suara mantan Kasat Pol PP Sultra itu dipastikan tidak akan solid.
“Kehadiran orang ketiga diantara Rusman Emba dan Rajiun Tumada ibaratnya sebagai poros tengah yang akan menengahi suasana panas yang terjadi antara dua kubu yang bertikai. Sehingga untuk menengahi perseteruan mereka, perlu ada calon alternatif,” ujarnya.
Sebaliknya demikian, jika seandainya pertarungan “Head to head” dimana La Ode Muhammad Baharuddin tidak mendapat pintu dalam Pilkada Muna, maka peluang Rusman Emba dan Rajiun Tumada diprediksi sama-sama kuat. Suara Baharuddin diprediksi bisa lari ke Rajiun.
“Tapi kalau itu, head to head ya,” cetusnya

Oleh karena itu, Rusman Emba harus sigap dalam mensiasati pertarungan tersebut. Selain itu, ia juga disarankan untuk memilih siapa yang diusung menjadi wakilnanti.

Baiknya, lanjut Najib, wakil yang akan mendampinginya kelak adalah figur yang bisa memberikan dukungan dalam pertarungan Pilkada Muna. Sehingga bisa mendongkrak elektabilitasnya.

“Hati-hati Rusman Emba, dalam menentukan calon pedamping,” pungkasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
Pilkada MunaRajiun vs Rusman Emba