Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Muna Goes to School

 

Komisioner Bawaslu Muna saat memberikan materi kepada siswa-siswi SMAN 2 Raha. Foto: Istimewa.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Jelang pelaksanakaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang kian dekat. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna, mulai melaksanakan sosialisasi kepada para siswa-siswi jenjang SMA untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan tahapan Pilkada.

Bawaslu melakukan sosialisasi dengan tema Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Bawaslu Goes To School di SMAN 2 Raha yang diikuti puluhan siswa, Jumat (20/9/2019).

Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Muna, Ali Darman mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk membangun kesadaran dan komitmen stakeholder.

“Tujuan utama dalam melibatkan para siswa SMA memberikan pembelajaran politik mengenai tahapan pilkada,apa yang tidak boleh dilakukan paslon sehingga pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati mendatang berjalan aman, sukses dan kondusif,” ujarnya.

Siswa-siswi ataupun masyarakat diharapkan tidak takut dalam memberikan informasi awal atau melaporkan dugaan pelanggaran Pilkada yang terjadi di wilayahnya. Pihaknya menjamin persoalan nama pelapor akan dirahasiakan sehingga antara pelapor dan terlapor tidak terjadi konflik.

“Tentunya kami berharap siswa-siswi SMA menjadi mitra untuk mengawasi tahapan pelaksanaan pilkada 2020 nanti,” tuturnya.

Salah satu siswa SMAN 2 Raha, Muhammad Raziet Muaqi mengaku senang mendapatkan sosialisasi oleh Bawaslu Muna. Terutama mengenai tahapan pilkada dan partisipasi dalam menyukseskan pilkada 2020.

“Setelah mendengar penjelasan dari komisioner Bawaslu Muna, sekarang kami menjadi lebih tau mengenai tahapan Pilkada, pelanggaran pemilu, hingga apa harus dilakukan ketika melihat oknum yang coba bermain dalam pelaksanaan pilkada,” jelasnya.

Reporter: Fifhy
Editor: Wuu