Konstatinus dan Samrin Diprediksi Bersaing Jadi Calon Sekda Buteng

Syarifuddin Fanta, kepala bidang Pengembangan dan Diklat BKPSDM Buteng. (LENTERASULTRA.COM)

BUTENG, LENTERASULTRA.COM- Empat tahapan seleksi calon Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Tengah sudah diumumkan  (27/8/20hasilnya Selasa19). Panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) menetapkan tiga nama sebagai calon pengganti La Ode Hasimin, sebagai “jenderal” Pegawai Negeri Sipil (PNS) di eks otorita Kabupaten Buton itu.

Tiga nama yang bersaing memperebutkan kursi Sekda Buteng itu merupakan pejabat dari eselon dua dari tiga Pemerintah Daerah berbeda. Di nomor urut pertama adalah H. Konstatinus Bukide, S.H.,M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan

Diposisi kedua adalah La Ode Muharam, S.E.,M.M, kepala Dinas Koperasi Kabupaten Buton. Sementara satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Buton Tengah adalah Samrin, S.Pd.,M.Pd. Kepala Badan Kepagawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buteng ini berada di posisi buncit yakni ketiga.

Penetapan tiga nama calon Sekda Buteng ini ditandatangani La Ode Mustari, selaku ketua panitia seleksi pengisian JPTP Kabupaten Buteng. Hasil pengumuman ini sudah tersebar diberbagai media sosial dan diumumkan di sekretariat panitia seleksi, kantor BKPSDM Buteng. Ketiganya dinyatakan lolos empat tahapan seleksi terakhir yakni penelusuran rekam jejak, Assesment, penulisan dan pemaran makalah serta wawancara.

Kepala bidang Pengembangan dan Diklat BKPSDM Buteng, Syarifuddin Fanta mengatakan, pasca keluarnya pengumuman tiga nama calon sekda ini, panitia seleksi JPT kemudian melaporkan hasil kerjanya kepada Bupati Buteng, Samahuddin. Setelah itu, Bupati akan berkonsultasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Selanjutnya hasil konsultasi dari KASN ini akan dilaporkan kepada Gubernur Ali Mazi, untuk selanjutnya dikeluarkan rekomendasi pelantikan calon sekda terpilih. “Pelantikan sekda terpilih nanti akan dilakukan oleh Bupati setelah ada persetujuan dari Gubernur,” sambung Syarifuddin Fanta, via ponselnya, Rabu (28/8/2019).

Nama-nama calon Sekda Buteng yang masuk tiga besar ini sudah berhembus sebelum penerimaan calon JPTP diumumkan. Bahkan, dua dari tiga nama yang lolos tiga besar itu sudah disebut-sebut dikalangan PNS Buteng sebagai calon pengganti La Ode Hasimin. Kedua nama tersebut adalah Konstatinus Bukide dan Samrin.

“Paling Pa Samrin dan Pa Konstatinus Bukide yang akan bersaing. Informasi ini sudah ramai didiskusikan diinternal staf maupun pejabat di Buteng sebelum pendaftaran dibuka. Prediksi ini makin menguat setelah dua nama ini resmi mendaftar dan lolos dari semua tahapan,” kata salah seorang PNS di Buton Tengah, saat ditemui sebelum pendaftaran calon JPTP Buteng di umumkan.

Namun prediksi ini dibantah oleh Syarifuddin Fanta. Katanya, ketiga nama calon Sekda Buteng ini, sama-sama memiliki peluang sebagai calon pengganti La Ode Hasimin. Bahkan ketiganya sudah sangat teruji karena sudah melalui semua tahapan yang sudah dilaksanakan.

“Sebagai kepala bidang pengembangan, saya menilai ketiga ini memiliki peluang yang sama. Karena ketiganya sudah diuji tingkat kelayakan sebagai calon sekda. Diuji kemampuan mereka, diuji pengetahuan mereka. Jadi siapapun yang keluar dan terpilih sebagai sekda dari tiga nama ini, itulah yang terbaik,” ungkapnya.

Penulis : Adhi

Pemda Butengseleksi calon sekdatiga nama calon sekda buteng