Embarkasi Haji di Kendari Dibangun Tahun Depan

Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah akan membangun embarkasi haji guna mendukung penyelenggaraan haji dan umroh melalui Bandara Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pembangunan akan dimulai tahun 2020 mendatang.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdul Kadir mengatakan, embarkasi haji Kendari bakal didirikan di tanah seluas 5 hektare yang terletak di Outer Ringroad Nanga-Nanga Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu.

“Embarkasi haji akan dibangun dengan sistem multi years atau secara bertahap. Tahap awal anggaran yang disiapkan Rp 37 miliar,” tuturnya di Kendari, Senin, (22/7/2019).

Menurutnya, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membangun aula asrama haji dan fasilitas kamar sebanyak 60 unit. Lelang proyek pembangunan dijadwalkan mulai Oktober-November 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu syarat untuk mendirikan embarkasi, memiliki calon jemaah haji sebanyak 3.000 Sementara Sultra, calon jemaah hajinya baru mencapai skala 2.400. Sehingga harus ditopang dari provinsi lain. Rencananya, dua provinsi yang akan menopang adalah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Sultra dengan dua provinsi ini lebih dekat ketimbang ke embarkasi Makassar,” tukasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
haji