Sempat Tertutup Longsor, Jalur Trans Sulawesi Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Suasana pembersihan tanah longsor di Desa Desa Sambandete Kecamatan Oheo, Konawe Utara (Konut). (IWAN/LENTERASULTRA.COM)

KONUT, LENTERASULTRA.COM – Jalur trans Sulawesi di Desa Sambandete Kecamatan Oheo, Konawe Utara (Konut) sudah bisa dilalui kendaraan. Dua pekan sebelumnya, jalur yang menjadi penghubung Kabupaten Konut, Sultra dan Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) ini tak bisa dilalui lantaran tertutup tanah longsor.

Timbunan tanah yang menutupi badan jalan tersebut, sebagian besar sudah berhasil disingkirkan. Sehingga jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

“Saat ini, jalur trans Sulawesi sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, baik dari arah Morowali maupun sebaliknya,” tutur Bupati Konut, Ruksamin, Rabu (19/6/2019).
Terbukanya jalur transportasi darat tersebut, setelah Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan timbunan tanah.
“Tadi petugas dari dinas PU Konut menggunakan alat berat membersihkan jalan yang masih tertutup oleh lumpur agar ketika dilintasi kendaraan bermotor tidak tergelincir,” terangnya.

Meski demikian, Ruksamin menghimbau para pengendara untuk tetap berhati-hati saat melintas di lokasi. Sebab tak menutup kemungkinan longsor susulan bakal terjadi.

Reporter: Iwan
Editor: Restu Fadilah
Banjir BandangBanjir Konut