Muna Tiga Kali Berturut-turut Raih WTP

Bupati Muna, LM Rusman Emba saat menerima dokumen WTP dari Kepala BPK-RI perwakilan Sultra, Hermanto. (Istimewa)

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna di bawah komando LM Rusman Emba patut diacungi jempol. Saat menjabat sebagai bupati, Rusman telah berhasil mengantarkan Bumi Sowite meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan hasil pemeriksaan keuangan tiga tahun berturut-turut (2016-2018).

Dokumen WTP itu diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir Hermanto pada Bupati Muna, LM Rusman Emba, Jumat (14/06/2019).

Kata Rusman, raihan predikat opini WTP itu membuktikan bahwa laporan keuangan Pemkab telah memenuhi kaidah-kaidah akuntansi modern. Dengan adanya penghargaan itu, Pemkab tentunya tidak akan berpuas diri. Akan tetapi, kinerja dalam tata pengelolaan keuangan akan terus ditingkatkan.

“Ke depan, apa yang menjadi saran dari BPK, akan cepat direspon dan ditindaklanjuti,” kata Rusman.

Menurut mantan Ketua DPRD Sultra itu, prestasi WTP tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat yang telah bersama-sama memotivasi Pemkab. Kemudian, berkat kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mengelola anggaran dengan baik.

“Kami ucapakan terima kasih pada teman-teman di OPD yang telah bekerja keras. Ini bukan bagian dari akhir, prestasi ini harus terus kita pertahankan,” terangnya.

Banyak keuntungan didapat Pemkab dari raihan WTP itu. Diantaranya mendapatkan dana segar hingga berpuluh-puluh miliar. Misalnya tahun lalu, Pemkab mendapat Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 20 Miliar. Dana itu selanjutnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Insya Allah dana yang didapat tahun ini, akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” tandasnya.

Reporter: Kinong
Editor: Restu Fadilah
WTPWTP Muna