Lahan Pertanian Terendam Banjir, Kementan Siapkan Ganti Rugi Rp 8 Miliar

Mentan, Andi Amran Sulaiman saat menyambangi pos komando tanggap darurat bencana alam Sultra di Makorem 143 Halu Oleo. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) mengaku akan mengganti rugi lahan pertanian yang terkena dampak banjir di sejumlah wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra). Totalnya mencapai Rp 8 miliar.

“Semua sawah warga yang terendam, kami tanggulangi, total bantuan yang disiapkan oleh pemerintah senilai Rp 8 miliar,” tutur Mentan, Andi Amran Sulaiman di Kendari, Kamis, (13/6/2019).

Kata Amran, bantuan tersebut sudah dikomunikasikan dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Adapun bantuan yang diberikan berupa benih padi, benih jagung, kedelai dan lainnya.

“Insya Allah kita sudah komunikasi dengan pak Gubernur Sultra, Ali Mazi pokoknya lahan yang terendam kami bantu. Mulai dari benih padi, benih jagung, benih kedelai dan lainnya. Kami akan berikan secara gratis,” katanya seraya menambahkan bahwa pihaknya juga siap memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Sebagai informasi, banjir yang melanda tujuh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengakibatkan lahan pertanian turut terendam.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, Rabu, 12 Juni 2019, terdapat 2.184 hektar lahan pertanian yang terendam banjir. Rinciannya, di Konawe 1.692 hektar, Kolaka Timur (Koltim) 392 hektar dan Konawe Selatan 64 hektar.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
Banjir Bandang