Debit Air Diprediksi Akan Terus Meningkat, Jajaran OPD Konut Diminta Siaga

Banjir yang melanda desa Longeo, kecamatan Asera, Kabupaten Konut, Sultra. (Istimewa)

KONUT, LENTERASULTRA.COM – Jika hujan terus mengguyur sejumlah wilayah di Konawe Utara (Konut), debit air di sejumlah sungai diprediksi akan terus meningkat selama 2 hari mendatang. Saat ini, statusnya masih siaga dua dengan level 14.70 peilschaal di atas permukaan laut.

Bupati Konut, Ruksamin meminta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersiaga. Ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan.

“Bencana alam ini masalah serius, sehingga kami perlu mendorong agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana meningkatkan kewaspadaan. Tak hanya itu, petugas untuk penanggulangan saat terjadi bencana juga harus disiapkan sedini mungkin,” tutur Ruksamin kepada wartawan Lenterasultra.com di Rujabnya, Rabu, (12/6/2019) pagi.

Ia juga menginstruksikan agar jajarannya terus melakukan koordinasi. Sebab, penanganan bencana tidak dapat dilaksanakan sendiri-sendiri, perlu kekompakan antar instansi dan relawan.

Adapun kondisi saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut masih mendata dan membantu warga yang terkena banjir. Berbagai peralatan seperti terpal dan karung terus didistribusikan ke daerah yang terisolir.

Selain itu, ada juga 63 personel gabungan Korem dan Yonif 725 yang disiagakan guna membantu ke lokasi bencana banjir.

Reporter: Iwan
Editor: Restu Fadilah
Banjir BandangBanjir di konutBanjir Konut