Ombak Tinggi, Kapal Napoleon 777 Ditunda Berlayar

Kapal Napoleon 777 di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari.(NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Kapal Napoleon 777 yang sandar di pelabuhan pangkalan perahu Kendari, terpaksa ditunda keberangkatannya, Senin, (10/6/2019). Kapal dengan rute Buton Utara dan Wakatobi itu, seharusnya telah berlayar sejak pukul 10.00 WITA.

Kepala pos pelabuhan pangkalan perahu, Hayruddin mengatakan Kapal Napoleon tidak diizinkan berangkat lantaran kondisi perairan yang sedang tidak bersahabat. Terlebih, BMKG (Badan Metereologi, Klimatologi  dan Geofisika) juga sudah mengeluarkan peringatan dini tentang gelombang di perairan Wakatobi dan Buton Utara.
BMKG menyatakan bahwa gelombang di perairan yang akan dilintasi oleh kapal Napaleon, tertanggal 10 Juni sampai dengan 13 Juni 2019 diperkirakan mencapai 1,25-2,5 Meter.
“Sehingga untuk sementara kapal tersebut tidak diperkenankan berlayar mengarungi samudra sambil menunggu informasi,” tutur Hayruddin melalui sambungan telepon.

Sementara itu, ABK Kapal Nappoleon, Ishak (45) mengaku belum mengetahui sampai kapan Kapal Napoleon 777 tak berlayar. Saat ini pihaknya, hanya bisa menunggu informasi dari Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas ll Kendari (KSOP).

“Kalau misalnya KSOP telah memberikan izin untuk berlayar, maka kami akan berlayar. Tapi kalau belum pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak,” ujarnya saat ditemui di ruangannya.

Lanjut Ishak, pihaknya juga akan mengganti rugi tiket yang sudah dibeli oleh para penumpang.

“Kami akan mengembalikan uangnya sesuai dengan harga tiket yang tercantum di dalam tiket,” pungkasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
Kapal batal berangkat