BPBD Buton Bangun Dapur Umum dan Tenda untuk Para Pengungsi

Petugas dapur umum BPBD Buton saat menyaurkan bantuan. (SAFRIN/LENTERASULTRA.COM)

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton, mendirikan dua dapur umum dan dua tenda di tempat korban bencana sosial warga Desa Gunung Jaya di tempat pengungsian Desa Laburunci, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Kepala BPBD Buton Manafu mengatakan, sejak adanya warga Desa Gunung Jaya mengungsi, yang disebabkan rumah ludes terbakar, pihaknya dengan sigap membangun satu dapur umum di tempat pengungsian Desa Laburunci dan satu lainnya di baruga tempat kejadian.

“Dari hari pertam kejadian kita sudah siapkan dua dapur umum untuk kebutuhan para pengungsi dan warga yang bertahan,” katanya. (7/6/19)

Selain dapur umum, lanjut Manafu, terdapat dua tenda yang dibangun depan kantor Desa Laburunci, diperuntukan untuk tim medis dan warga. Kemudian untuk stok makanan selalu tersedia sampai keamanan kedua desa dinyatakan kondusif.

Manafu menjelaskan, hingga hari ketiga, banyak pihak yang menyalurkan logistik, seperti Kabupaten Buton Selatan, PT Pertamina menyimbangkan tabung gas LPG 12 kilo gram, komunitas-komunitas dan partisipasi masyarakat.

“Jadi kita ini banyak saluran logistik, baik dari daerah tetangga, pihak suwasta maupun kalangan masyarakat. Bantuannya itu berupa beras, mie instan, minuman kemasan, tabung gas dan pakaian,” tuturnya.

Laporan: Safrin
bentrok di buton