Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 di Sultra Capai 79 Persen

Ilustrasi pemilih. (Istimewa)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 mencapai 79 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.587.506 pemilih.

Menurut Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib perolehan angka tersebut naik 17 persen jika dibandingkan dengan Pilpres 2014 lalu. Pilpres 2014 lalu, tingkat partisipasi masyarakat hanya mencapai 62 persen.

“Keikutsertaan pemilih pada pesta demokrasi kemarin adalah 79 persen. Baginya angka ini sudah luar biasa dibandingkan dengan capaian pilpres kita 2014 hanya 62 persen” ujarnya di Kendari, Selasa, (14/5/2019).

Lanjut Natsir, angka tersebut juga di atas target yang telah ditetapkan KPU sebesar 77,5 Persen.

Dalam kesempatan tersebut, Natsir tak memungkiri bahwa tahapan pleno rekapitulasi sempat diwarnai oleh perdebatan yang cukup panjang dan melelahkan. Namun menurutnya hal tersebut adalah bagian dari sebuah demokrasi.

“Plenonya berjalan lancar kalau ada masukan tanggapan yang harus kita respon, saya kira wajar dan hal yang lumrah biasa terjadi dalam sebuah forum,” pungkasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
tingkat partisipasi pemilu