Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa Ala Wali Kota Kendari

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat ditemui di Ruang Kerjanya. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Menjadi seorang pejabat sudah barang tentu disibukan dengan  urusan birokrasi pemerintahan dengan segudang aktivitas yang sangat padat. Baik itu urusan dinas, menghadiri kegiatan ataupun membuka suatu acara tertentu dan masih banyak lainnya.

Meski disibukan dengan urusan pemerintahan, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mempunyai trik sendiri untuk menjaga kesehatannya agar tampil bugar dan fit selama ramadan.

Sehat ala orang nomor satu di Kota Kendari sangat praktis, pertama yaitu hanya dengan mengkonsumsi madu dan susu kambing etawa  untuk menjaga staminanya selama beraktivitas. Setelah itu rajin beribadah dengan melakukan shalat tepat waktu.

“Dua sumber vitamin selalu saya konsumsi sehari-harinya, agar tubuh tidak mudah lelah,” ungkapnya saat ditemui di Ruang Kerjanya, Senin (6/5/2019).

Kemudian yang kedua, menjaga pola makan dengan memakan makanan sehat dan bergizi. Ia juga bukanlah tipikal orang yang pilih-pilih makanan. Apapun yang dihidangkan oleh sang istri saya di meja makan, itulah yang disantapnya.

Namun dari sekian menu makanan, ikan tembang kering menjadi makanan favorit. “Ikan tembang kering sangat saya sukai dan  selalu menjadi menu pelengkap. Supaya lebih nikmat saat disantap, harus selalu ada sayur bening,” imbuhnya.

Politikus PKS itu tak memungkiri ada kalanya ia mengalami tak nafsu makan. Untuk mensiasiti hal tersebut, biasanya ia meminta kepada sang istri untuk dimasakan ikan lureh kering tumis asam.

“Ikan lureh kering tumis asam untuk mengundang selera makan,” katanya.

Selanjutnya, pada saat buka puasa harus ada  kurma dan air putih. Setelah berbuka puasa dilanjutkan dengan makan malam. Makan malam secukupnya saja. “Sebab makanan berlebihan di malam hari sangat tidak baik bagi tubuh,” pungkasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
Ramadhan 2019