Hujan Deras, Jalan Trans Sulawesi Kolut – Sulteng – Sulsel Putus Total

Jalan Desa Mataiwoi terputus akibat banjir (istimewa)

KOLUT, LENTERASULTRA.COM –  Jalan trans Sulawesi yang berada di Desa Mataiwoi, Kecamatan Ngapa, Kolut yang menghubungkan 3 Provinsi yaitu Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra), Sulawesi tengah (Sulteng) dan Sulawesi selatan (Sulsel) ambruk akibat banjir, Minggu (28/4/2019).

Kepala Desa Mataiwoi, Muhsin mengatakan, Hujan deras yang terjadi sejak kemarin (28/4/2019) membuat sungai Puurau meluap hingga mengikis pondasi jembatan. Akibatnya di sisi kanan jembatan ambruk hingga sepanjang 5 meter dan kedalaman 4 meter.

“Dari kemarin hujan, sekitar jam 21.30 malam jalan disisi kanan jembatan mulai roboh akibat kikisan banjir,”ungkapnya kepada jurnalis lenterasultra.com saat dikonfirmasi via telpon.

Ia menambahkan, saat ini warga terpaksa harus bergotong royong untuk memperbaiki akses jalan yang putus akibat banjir tersebut.

“Saat ini warga bergotong royong untuk membuat jalan darurat dengan menggunakan balok kayu yang hanya untuk diakses oleh sepeda motor, namun untuk akses mobil belum bisa karna disini kami kesusahan mencari kayu panjang,” tuturnya.

Ia berharap agar pemerintah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pekerjaan Umum segera memperbaiki jalan yang menghubungkan 3 provinsi tersebut guna memudahkan masyarakat dalam melakukan aktifitas.

“Harapan saya untuk mewakili masyarakat mudah-mudahan pemerintah dalam hal ini BPBD dan Dinas PU cepat dikerjakan supaya memudahkan masyarakat untuk beraktifitas,” pungkasnya.

Reporter: Agus Saputra
Editor: Restu Fadilah
Jembatan ambruk