Sidang Paripurna Istimewa HUT Sultra ke-55, DPRD Sultra Dukung Pembangunan Pemerintah

 

Suasana saat Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh memimpin sidang paripurna istimewa HUT Sultra ke-55. Foto: Nanan

KENDARI,LENTERASULTRA.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sidang istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-55. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Sultra, Jumat (26/4/2019).

Sidang paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulta, Abdurrahman Saleh didampingi Gubernur Sultra, Ali Mazi dan unsur pimpinan DPRD Sultra serta dihadiri oleh perwakilan kepala daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Jajaran Forkopimda saat menghadiri sidang paripurna istimewa di Gedung DPRD Sultra. Foto: Nanan

Dalam sambutannya, Ali Mazi menyampaikan peringatan hari jadi Sultra secara mendasar membawa pesan sejarah yang sarat nilai sekaligus membawa pesan nilai yang berkesinambungan.

“Pesan sejarah yang sarat nilai mengandung dimensi perjuangan dan bobot dari para pendiri dan tokoh-tokoh daerah yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran mereka untuk membentuk sebuah Provinsi Sultra dalam melayani masyarakat serta membangun daerah. Pesan nilai yang berkesinambungan adalah titisan amanat pejuang daerah yang secara langsung dan tidak langsung menjadi motivasi bagi kita selaku generasi pelanjut pembangunan,” katanya.

Dasar amanat tersebut, sehingga pemerintah mengangkat tema ‘Semangat Sultra Untuk Mensukseskan Program Gerakan Akselarasi Pembangunan Daratan dan Lautan’. “Hal itu senada dengan visi misi kami pasangan gubernur terpilih yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermanfaaat. Dari visi inilah kemudian tema tersebut dilahirkan karena mewakili sejarah proses terbentuknya Sultra. Tema tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan nilai heroik-historis pendiri daerah ini agar menjadi stamina moral dalam membangkitkan kesadaran melaksanakan amanat kelanjutan pembangunan daerah yang lebih operasional dan juga holistik,” terangnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat memberikan sambutannya pada sidang paripurna istimewa. Foto: Nanan

Orang nomor satu di Sultra ini, bertekad memenuhi panggilan untuk membangun Sultra. Berbagai program prioritas pembanguan telah diluncurkan dalam rangka mewujudkan ‘Sultra Emas’ dengan lima pilar penopangnya, yakni Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Beradab dan Sultra Beriman serta Sultra Produktif.

Sistem operasi pembangunan Sultra Emas dengan pendekatan Garbarata akan menjadi pemacu dalam rangka menata pembangunan di bumi anoa. Garbarata merupakan konsep dinamis berkarakter masyarakat lokal yang akan meletakan pembangunan sehingga terjadi pemerataan dan keseimbangan antara entitas masyarakat daratan dan kepulauan. Konsep Garbarata sekaligus sebagai suatu strategi untuk mengatasi ketimpangan dan kesenjangan pembangunan dan juga sebagai jawaban atas budaya yang ada di Sultra.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh menyambut baik apa yang telah menjadi program pembangunan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Kami sebagai pengawal aspirasi rakyat sepenuhnya akan bergandengan tangan dalam mendukung pembanguan yang telah dirintis oleh bapak Ali Mazi ,” tuturnya.

Ali Mazi diapit oleh Wakil Ketua DPRR Sultra, Jumardin (kanan) dan Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh (kiri). Foto: Nanan

Pihaknya berkeyakinan bahwa rumusan visi pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih yakni ‘Terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat’ akan menemukan keberhasilan dalam membawa perubahan penting bagi daerah.

Begitu pula program unggulan sebagai penggerak pembangunan yang diberi label Garbarata yakni Gerakan Akselarasi Pembangunan Daratan dan Lautan akan mampu menjadi penghubung dalam mengatasi ketimpangan pembangunan antar kawasan daratan dan kepulauan yang selama ini sering menjadi isu hangat dalam pemerataan pembangunan di daerah.

Upacara HUT Sultra ke-55 dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Sultra. Foto: Nanan

“Untuk medukung implementasi pembangunan itu. Maka tahun ini, menjadi tahun awal dimana APBD yang akan menjadi panduan tahunan kita pada pelaksanaan pembangunan oleh gubernur yang akan memberikan terobosan pada upaya pembangunan di Sultra. Karena itulah antara DPRD dan pemerintah menjadi penting membangun peranannya masing-masing. Peran dua elemen penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berbeda fungsi itu, dibutuhkan agar agenda pembangunan daerah berjalan sesuai harapan kita bersama,” terangnya,” cetusnya.

Hujan tidak membuat surut semangat unsur pimpinan DPRD Sultra untuk mengikuti upacara HUT Sultra. Foto: Nanan

Melalui momentum HUT ke-55, atas nama pimpinan dan juga anggota DPRD Sultra, pihaknya berkomitmen mendukung program pemerintah daerah yang diperuntukkan untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. *** (Adv)

Penulis: Nanan

DPRD SultraHUT Sultra ke-55Sidang Paripurna Istimewa