Meriahnya HUT Sultra ke-55

 

Gubernur Sultra, Ali Mazi didampingi Istri, Agista Ariany saat memasuki lapangan upacara. Doc Kominfo Sultra

– Peserta Upacara Tidak Meninggalkan Lapangan Upacara

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Hujan dengan intensitas sedang terus mengguyur Kota Kendari sejak beberapa hari terakhir. Hari ini, Jumat (27/4/19) hujan juga mulai mengguyur saat dimulai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ke-55 tepat di Halaman Kantor Gubernur Sultra.

Ali Mazi saat menjadi pembina upacara di HUT Sultra ke-55. Doc. Kominfo Sultra

Nampaknya, hujan yang terus turun tidak membuat semangat para peserta upacara kendor. Tidak satu pun peserta yang meninggalkan lapangan upacara atau mencari tempat untuk berteduh.

Gubernur Sultra, Ali Mazi selaku pembina upacara juga ikut menenangkan para peserta upacara hari itu.

Diguyur hujan peserta upacara tetap berdiri tegak. Doc Kominfo Sultra

Dalam sambutannya, Ali Mazi menyampaikan segenap harapannya ke depan agar Sultra bisa menjadi daerah yang lebih maju dan berkembang.

“Mudah-mudahan di usia yang ke-55, masyarakat di Sultra semakin sejahtera,” harapnya.

Tentu saja kesejahteraan bagi masyarakat harus didukung dengan kemajuan pembangunan yang merata baik itu untuk wilayah daratan maupun kepulauan.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Melalui program pemerintah, Gerakan membangun daratan, lautan dan kepulauan akan menjadikan Sultra yang aman, tentram dan sejahtera.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas didampingi istri masing-masing. Doc Kominfo Sultra

“Dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera Amin,” ungkapnya.

Diketeahui, upacara HUT Sultra ini di hadiri oleh semua OPD, Forkopimda lingkup Sultra, para kepala-kelapa daerah, tokoh Adat, tokoh masyarakat serta para pensiunan.

– Gubernur, Wakil Gubernur, Kapolda Ikut Lomba Masak

Setelah selesai melakukan upacara, masih dengan suasana diguyur hujan. Acara dilanjutkan di Lapangan SSDC yakni festivak kuliner yang juga diikuti oleh 17 perwakilan dari kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Ali Mazi didampingi istri ikut lomba masak nasi goreng. Doc Kominfo Sultra

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Gubernur Sultra, Ali Mazi, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas dan Kapolda Sultra, Brigjen Pol. Iriyanto juga ikut lomba masak nasi goreng.

Jika biasanya istri yang meracik bumbu dan memasak nasi goreng, kali ini para bapak-bapak yang dipersilahkan untuk mengikuti lomba nasi goreng.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas juga ikut memeriahkan lomba masak nasi goreng. Doc Kominfo Sultra

Ali Mazi harus puas dengan perolehan yang diberikan juri dan menempati urutan kedua, sementara Lukman Abunawas mendapatkan juara tiga pada lomba masak nasi goreng hari itu.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sultra, Syahruddin Nurdin, lomba masak nasi goreng merupakan tambahan dari rangkaian festival kuliner.

“Kita ingin agak berbeda, jika tahun sebelumnya ibu-ibu yang masak, kali ini kita berikan kesempatan kepada bapak-bapak,” pungkasnya.

Stand pada festival kuliner di Lapangan SSDC. Foto: Pebrianto

– Pameran Halo Sultra

Pameran Halo Sultra yang telah digelar sejak 23-27 April juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari HUT Sultra tahun ini. Sejak pembukaan, nampak pengunjung dari Kota Kendari maupun luar daerah yang memeriahkan acara Halo Sultra.

Masing-masing peserta dari kabupaten/kota juga ikut ambil peran dalam rangkaian Halo Sultra. Setiap stand pada masing-masing daerah memiliki kekhasannya sendiri. Salah satu contohnya Kabupaten Buton Utara yang nampak memamerkan beras merahnya sebagai produk unggulannya saat ini.

Nampak pula pihak swasta dan rekananan dari pemerintah memadati tempat yang telah disediakan untuk membuka stand.

Pertunjukkan karnavak kain tenun juga menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Tentu saja masing-masing daerah kembali unjuk kebolehan dan keunikan dari kreasi yang telah dibuatnya. *** (Adv)

Penulis: Fiyy

HUT Sultra ke-55