Pidato Jokowi VS Prabowo Soal Hasil Hitung Cepat

Hasil Quick Count Litbang Kompas Jokowi-Amin vs Prabowo-Sandi. (Istimewa)

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil quick count atau hitung cepat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf sendiri telah dinyatakan unggul versi hitung cepat sejumlah lembaga survei. Salah satunya KedaiKopi per pukul 16.50 WIB, Jokowi-Ma’ruf dinyatakan mendapat 51,52% Sementara itu Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno mendapat 44,91% suara.

Litbang Kompas per waktu yang hampir sama menyatakan Jokowi-Ma’ruf 54,14%, sementara Prabowo-Sandi 44,91%. LSI Denny JA mengumpulkan sudah 55,11% suara masuk untuk Jokowi-Ma’ruf, dan Prabowo-Sandi 44,89%. Terakhir lembaga survei Median mengumpulkan 53,78% untuk Jokowi dan Prabowo-Sandi 44,89%

Baik Jokowi maupun Prabowo telah sama-sama memberikan pidato atas hasil hitung cepat. Berikut pidato lengkapnya:

Pidato Joko Widodo

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamulaikum warohmatullahi wabarakatu

Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semuanya om swastiatu nama budaya salam kebajikan.

Pertama-tama, kita semuanya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPU, Bawaslu, DKPP. Sehingga proses pesta demokrasi Pileg dan Pilpres tadi pagi telah berjalan dengan jujur dan adil.

Terimakasih juga kita sampaikan kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan keamanan dan ketertiban, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik.

Yang kedua, dari indikasi exit poll dan quick count tadi sudah kita lihat semuanya. Tetapi kita harus bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi.

Yang ketiga, marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air setelah Pileg dan Pilpres ini. Menjalin dan merawat persatuan, kerukunan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

Saya kira itu yang bisa saya sampaikan, terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Pidato Prabowo Subianto

Saya bicara setelah mengikuti penghitungan suara. Terus terang saja prihatin, dari tadi malam banyak kejadian-kejadian yang merugikan pendukung 02.

Banyak surat suara yang tidak sampai, banyak TPS yang buka jam 11.00, dan sebagainya. Belum lagi diketemukan surat suara yang sudah dicoblos 01. Tapi walaupun demikian, saudara-saudara sekalian, hasil exit poll kita di 5.000 TPS, menunjukan bahwa kita menang 55,4 persen dan hasil quick count ini kita menang 52,2 persen.

Mohon semua relawan untuk mengawal kemenangan kita di semua TPS dan kecamatan juga. Saya tegaskan di sini kepada rakyat Indonesia, bahwa ada upaya dari lembaga-lembaga survei tertentu yang kita ketahui memang sudah bekerja untuk satu pihak untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah.

Saudara-saudara sekalian, jangan terpancing, terus awasi TPS, amankan C1 juga jaga di kecamatan jangan lengah.

Saudara-saudara sekalian, saya menghimbau pendukung-pendukung saya semuanya agar tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkis. Tetap fokus mengawal kotak suara, karena kotak-kotak itu adalah kunci kemenangan kita agar kebohongan-kebohongan yang sudah dilakukan bisa dilawan.

Saya tegaskan di sini kepada para pendukung saya untuk sama sekali tidak terprovokasi dan menghindari semua bentuk tindakan berlebihan, tindakan di luar hukum dan kekerasan apa pun. Terimakasih untuk pendukung kita, silakan menjaga TPS.

 
Penulis: Restu Fadilah
Hasil Perolehan Suara Pilpres 2019Pencoblosan