Gempa 6,9 SR di Banggai Sulteng Terasa Hingga 5 Kabupaten di Sultra

Gempa 6,9 SR mengguncang Banggai Sulteng. (BMKG)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Badan Meteriologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019). Gempa yang terjadi pukul 18.40 WIB berada di lokasi 1.90 Lintang Selatan (LS) dan 122.54 Bujur Timur (BT) berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada sekitar 87 kilometer barat daya Banggai, Sulteng di kedalaman 10 kilometer. Meski demikian, getarannya juga turut dirasakan oleh masyarakat di Kendari, Kolaka Utara (Kolut), Kolaka, Konawe, dan Konawe Kepulauan (Konkep) yang secara geografis terletak di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berdasarkan data yang dihimpun jurnalis lenterasultra.com, di Wilayah Sultra, getaran gempa paling keras terasa di Kolut dengan skala III-IV MMI. Selanjutnya di Kolaka dan Konkep dengan skala III MMI. Kemudian di Kendari dengan skala II-III MMI, terakhir di Konawe dengan skala II MMI.

Bukan hanya di Sultra, getaran gempa juga terasa hingga beberapa wilayah lainnya di Sulawesi. Seperti di Toli-toli, Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Gorontalo, Manado, Pinrang, dan Makassar.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis kepada media, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan BMKG telah menyatakan peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa magnitudo 6.9 SR pada (12/4/2019) pukul 18:40:49 WIB, telah berakhir.

Meski demikian, masyarakat khususnya yang ada di sekitar pesisir Kabupaten Morowali tetap diminta untuk waspada.

“BPBD saat ini masih melakukan pendataan dan pemantauan dampak gempa M 6,9,” kata Sutopo.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah

Gempa