Pemilihan Wawali Kota Kendari masih Digantung PKS

 

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Nanan

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Hingga kini, Pemerintah Kota Kendari belum mengintrusikan ke DPRD untuk segera menyelenggaralan pemilihan Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan belum ada kesiapan dari tiga walinya.

Wali yang dimaksud adalah tiga partai pengusung ADP-Sul yaitu PKB, PAN dan PKS. Sampai hari ini pun PKS sebagai partai yang ditungganginya belum menyodorkan kader yang direkomendasikan ke DPRD sebagai Wawali.

“Sampai hari ini, partai yang berlambang bulan sabit kembar yang diselipi untaian padi tegak lurus (PKS-red) belum mencapai kata bulat. Siapa yang akan didorong menjadi kandidat Wawali,” katanya saat ditemui Kantor Wali Kota Kendari, Jumat (5/4/2019).

Kata dia, pemilihan orang nomor dua di Kota Kendari masih menunggu kesimpulan PKS. Jika belum ada kesimpulan dari salah satu partai koalisi, politisi PKS ini tidak bisa memaksakan kehendaknya begitu saja.

“Ibaratnya partai koalisi itu mereka adalah orang tua kita, nah sebagai anak yang baik dan patuh harus menunggu,” ujarnya.

Jika tiga parpol tersebut sudah menyatakan kesiapannya, maka sebagai Wali Kota Kendari sekaligus pengambil keputusan dirinya akan langsung mendorong agar segera dilakukan pemilihan.

Untuk diketahui dua partai koalisi telah menyodorkan dua kandidat Wawali ke DPRD. PAN sendiri mengusulkan Wakil Ketua DPD partai berlambang matahari terbit yaitu Sisca Karina Imran yang tak lain istri dari mantan Wali Kota Kendari nonaktif, ADP. Sementara PKB merekomendasikan Rahman Tawulo.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Kota KendariPelantikan Wakil Wali Kota KendariWali Kota Kendari