Petugas Humas Disarankan Bermitra dengan Media

Kepala Dinas Kominfo Sultra, Kusnadi saat memberikan Sambutan dalam Rakor Bakohumas Se-Sultra. (PEBRIANTO/LENTERASULTRA)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Petugas humas di Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta untuk bermitra dengan media. Mereka juga diminta memberikan iformasi yang baik dan benar-benar akurat kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Sultra, Kusnadi dalam Rakor Bakohumas di salah satu Hotel di Kendari, Senin, (4/3/2019).

Rakornas kali ini bertemakan “Peran Badan Koordinasi Kehumasan dalam Rangka Mengantisipasi dan Meminimalisir ujaran kebencian dan hoax menjelang Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 di Sultra”.

“Dalam rapat kali ini, kita memberikan pembinaan dan pengembangan profesi kehumasan, meningkatkan fungsi dan kedudukan humas dalam rangka menunjang kebijakan pemerintah dan selalu memelihara hubungan kerja sama yang baik dan efektif dengan organisasi dan lembaga resmi,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Kata Kusnadi, melalui forum Bakohumas, diharapkan masyarakat akan dapat memperoleh informasi yang tepat dan akurat serta bertanggung jawab. Mengingat kehumasan dalam pemerintah sangatlah menentukan. Sebab mereka memiliki dua fungsi utama.

“Funsi yang dimaksud itu adalah memberikan informasi kepada masyarakat dan lingkungan sehubungan dengan kinerja, kebijakan dan Program pemerintah, serta menyerap dan menghimpun informasi dan aspirasi dari masyarakat sebagai dasar penyusun kebijakan bagi pemerintah,” terangnya.

Oleh karena, lanjut Kusnadi, peran humas menjadi sangat penting dan merupakan bagian dominan dalam sebuah organisasi/lembaga.

“Jadi Humas sebagai corong atau sumber informasi, harus bermitra dengan media memberikan iformasi yang baik dan benar-benar akurat,” tuntasnya.

Untuk diketahui, rakor ini dikuti oleh 150 orang peserta yang berasal dari Humas di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra dan BUMN, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Pemprov Sultra, Polri, TNI dan Kejaksaan serta Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Sultra.

Reporter: Pebrianto
Editor: Restu Fadilah