Peringati  HPSN 2019, Pemkot dan Puluhan Komunitas di Baubau Bersih-Bersih Sampah

Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat memberikan penghargaan kepada sejumlah komunitas peduli lingkungan. (HENGKI/LENTERASULTRA)

BAUBAU, LENTERASULTRA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),  Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, bersama TNI/Polri, masyarakat dan 41 komunitas menggelar aksi bersih-bersih sampah, Minggu (24/2/2019).

Ada tujuh titik yang dibersihkan dalam kegiatan ini. Ketujuh titik tersebut diantaranya, Kawasan Benteng Keraton, Pantai Kamali, Pasar Wameo, Wantiro, Bantaran Sungai, Pantai Nirwana dan Kotamara.

Mengingat, sampah dapat merusak lingkungan dan merusak tanah, apabila tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, Pemerintah (Pemkot) Baubau, berharap kepada seluruh masyarakat, agar meminimalisir sampah di lingkungannya masing-masing.

“Mari kita peka menyadari dampak sampah terhadap pencemaran lingkungan, mulai dari sampah rumah tangga dikelola dengan baik dan  tumpukan sampah dapat diminimlisir,” ungkap La Ode Ahmad Monianse, Wakil Wali Kota Baubau, dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau, Sumarto Lanae mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut dapat membangun kesadaran. Sehingga, dapat menciptakan lingkungan dan pola hidup yang bersih.

Dengan menggandeng seluruh Forkopimda dan beberapa komunitas di Baubau, guna memberikan edukasi tentang solusi sampah. Sehingga, dapat mewujudkan sinergitas tentang peduli sampah.

“Dengan membangun koordinasi ke semua pihak, maka pola hidup bersih bisa diterapkan di lingkungan Kota Baubau,” kata Sumarto Lanae.

Kegiatan seremonial, HPSN 2019 yang dipusatkan di Pelataran Kotamara, juga dihadiri Ketua DPRD Kota Baubau Kamil Ady Karim, Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno SIK, perwakilan Kodim 1413/Buton, Camat, Lurah dan Kepala Sekolah se Kota Baubau.

Reporter: Hengki TA
Editor: Restu Fadilah
HPSN 2019