Wa Ode Nur Zainab Resmi Gantikan Tina Nur Alam

Pelantikan Wa Ode Nur Zainab sebagai Anggota DPR RI menggantikan Tina Nur Alam dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara DPR RI. (RERE/LENTERASULTRA)

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Asnawati Hasan tak bisa menyelesaikan jabatannya sebagai Anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI. Ia terpaksa harus meninggalkan kursinya di senayan. Bagaimana tidak, wanita yang karib dengan nama Tina Nur Alam ini kena Pergantian Antar Waktu (PAW) karena sudah pindah partai.

Sebagai penggantinya, Wa Ode Nur Zainab resmi dilantik oleh Ketua DPR RI Bambang Seoesatyo dalam Rapat Paripurna RI ke-12 di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta, Rabu, (13/1/2019). Rapat tersebut, turut dihadiri oleh anggota dewan lainnya.

Wanita berparas cantik itu mengisi kursi PAN yang telah ditinggalkan legislator sebelumnya karena pindah ke Partai Nasdem. PAW tersebut tertuang jelas dalam petikan Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 12/P Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota (PAW) DPR RI sisa masa jabatan 2014-2019.

Berdasarkan pantauan jurnalis lenterasultra.com, Zainab dilantik bersama dua PAW lainnya yakni Taslim Azis menggantikan Amrulah Amri Tuasikal perwakilan Gerindra dari Maluku dan Musthafa Bakri menggantikan Fayakhun perwakilan Golkar dari DKI Jakarta II. Pengucapan sumpah jabatan dan janji anggota DPR RI berjalan lancar dan khidmat.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan Undang-undang Republik Indonesia tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat untuk wujudkan kehidupan nasional demi kepentingan bangsa kesatuan Republik Indonesia,” ucap Bambang Soesatyo seraya diikuti oleh ketiganya.

Agus Hermanto, Wakil Ketua DPR RI yang juga turut hadir dalam pelantikan tersebut mengucapkan selamat kepada ketiganya. Ia berharap Zainab, Taslim dan Musthafa mampu menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Tadi sudah kita saksikan pengambilan sumpah, saya ucapkan selamat, mudah-mudahan bisa semakin memperkuat DPR RI,” ucap Agus.

Usai pengambilan sumpah, selanjutnya penandatanganan sumpah janji. Kemudian ketiganya pun menempati kursi anggota DPR RI yang telah disediakan dan mendapat ucapan selamat dari rekan-rekannya. Mereka juga langsung mengikuti rapat paripurna pengesahan perpanjangan Pembahasan 23 RUU.

Ditemui usai pelantikan, Zainab menyampaikan puji syukur atas pelantikan hari ini. “Saya bisa menyampaikan alhamdulillah berarti saya mengemban amanah baru. Tadinya sayakan lawyer, sekarang sebagai wakil rakyat. Jadi ya sudah seharusnya yang secara undang-undang menjalankan fungsi pengawasan, legislasi, dan budgeting. Tadi yang di paripurnakan ada penundaan pengesahan KUHP. Itu barangkali menjadi tugas berikutnya,” tutup Zainab.

Reporter: Restu Fadilah
PAW Tina Nur AlamWa Ode Nur Zainab