Rusman Emba Sebut Disiplin ASN Kronis

Bupati Muna, LM Rusman Emba. (KINONG/LENTERASULTRA)

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Muna menurun drastis. Tak tahu apa penyebab hingga para abdi negara itu malas berkantor. Hal ini terlihat jelas pada Sekretariat Daerah (Setda). Bila tak ada bupati, kantor yang terletak di Bukit Motewe itu terlihat sepi. Berbanding terbalik, bila bupati ada. Mereka berbondong-bondong hadir “pasang” muka.

Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku sudah mengetahui kelakuan buruk bawahanya itu. Kata dia, disiplin ASN di Muna ibarat penyakit sudah kronis. Makanya, dibutuhkan “obat” khusus untuk menyebuhkannya. “Kita lagi mencari formula untuk mengatasi akar masalahnya. Disiplin ASN ini sudah sangat kronis,” kata Rusman.

Menurut mantan senator DPD-RI itu mengaku, malasnya ASN berkantor bukan baru terjadi di era pemerintahanya. Akan, tetapi, sudah lama terjadi. Karena itu, demi penegakan disiplin, Ia tak mau lagi melihat ada ASN yang jarang masuk kantor. Entah itu di Setda ataupun pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentu kalau tidak juga berubah, kita akan sanksi tegas. Bisa jadi penundaan pangkat bahkan pemecatan,” tegasnya.

Reporter: Kinong
Editor: Restu Fadilah
ASN Malas