TNI Genjot Program Sejuta Ton Beras dan Sejuta Ekor Sapi di Konawe

Kodim 1417/Kendari saat melaksanakan program TMMD di Konawe. (Istimewa)

KONAWE, LENTERASULTRA.COM – Kodim 1417/Kendari kembali menggelar kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Kegiatan ke 104 dilakukan di sejumlah wilayah yang ada di Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan ini akan dilangsungkan pada bulan Februari hingga Maret mendatang.

 

Menurut Komandan Kodim 1417/Kendari, Letkol Cpn Fajar Haris Wijaya kegiatan ini dalam rangka membantu mewujudkan beberapa program pemerintah daerah demi mensejahterakan masyarakatnya. Beberapa program yang dimaksud adalah pengadaan sejuta ton beras, dan sejuta ekor sapi.

Untuk kegiatan sejuta ton beras akan dilaksanakan dua program di antaranya, pelaksanaan pembangunan usaha tani untuk meringankan usaha biaya produksi dari petani, dan pembangunan krikil jalan Desa yang berfungsi untuk menunjang mobilitas sehingga lebih mudah dalam pergerakan hasil tani.
Dalam pelaksanaan sejuta ekor sapi yakni dengan melakukan inseminasi buatan dimana mengawinkan sapi Bali yang hanya 70 kg dengan sapi Australia sehingga produksi daging meningkat hingga 500-700 kg per ekor.
“Dari inseminasi buatan ini bisa mengubah pola pikir masyarakat serius dan sungguh-sungguh karena hasilnya luar biasa,” tutur Fajar.

Lanjut Fajar, hanya akan ada lima desa yang yang melaksanakan program tersebut. Kelima desa itu yakni Desa Wowaperasa, Desa Nario Indah, Desa Lawuka, Desa Karandu dan Desa Wawonario.

Pemilihan dari ke lima Desa tersebut merupakan hasil dari kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten  Konawe dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dimana dilihat dari kondisi Kecamatan Anggotoa merupakan daerah pemekaran baru sehingga perlu dilaksanakan beberapa pembangunan infrastruktur.

“Tentunya kita akan meningkatkan perekonomian yang ada disana, terutama infrastruktur dan fasilitas yang belum memadai seperti pembagunan rumah ibadah mesjid dan gereja, kemudian pembangunan jalan untuk usaha tani dalam memudahkan kelancaran hasil tani,” tuntasnya.

Reporter: Hikmah
Editor: Restu Fadilah