Pondasi Retak, Tiang Listrik Belakang Rujab Gubernur Miring ke Jalan

Tiang listrik di belakang rumah jabatan gubernur terlihat miring, akibat pondasi retak. Foto diambil Sabtu (19/12019)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Warga kota Kendari yang bolak-balik di jalan Balaikota harus waspada. Sebab, salah satu tiang listrik di daerah itu, sudah terlihat miring ke jalan sehingga bisa mengancam keselamatan penduduk yang beraktivitas di jalur tersebut.

“Tidak tau sejak kapan tiang listrik ini miring. Pihak PLN harus segera memperbaiki persoalan ini,” kata Wawan, salah satu penduduk yang kebetulan lewat dan berhenti melihat tiang listrik yang miring.  Wawan merasa was-was dengan tiang listrik yang miring ini, jika terlambat di benahi. Sebab, diatasnya, banyak kabel-kabel yang baik yang terbungkus maupun tanpa pembungkus.

Salah satu warga di jalan Balaikota memperlihatkan salah satu sudut pondasi yang retak, hingga menyebabkan tiang listrik miring

Amatan wartawan lenterasultra.com, tiang listrik yang miring ini terletak di belakang pos Polisi Pamong Paraja yang berjaga di pintu belakang rumah jabatan gubernur. Salah seorang petugas piket yang berada di sekitar tiang listrik yang miring itu mengatakan, tiang listrik ini miring karena, kawat penyangga yang ditanam di sisi rumah jabatan sudah tercabut. Selain itu, disekitar tiang yang ditanam juga terlihat beton yang retak.

“Harus segera diperbaiki ini. Rawan kalau ada yang melintas. Hujan sebentar ini, bisa rubuh tiangnya, karena pondasi di sekitar tiang yang ditanam bergeser,” kata Sukur, warga lainnya yang ditemui dilokasi, Sabtu (19/01/2019) sekitar pukul 14.10 wita.

Sampai Senin 21/1/2019 sekitar pukul 17.00 wita, belum ada upaya perbaikan dari pihak PLN. Tiang listrik di belakang rujab masih tetap miring dan pondasi masih terlihat retak. Pantauan wartawan lenterasultra, aktivitas di jalan Balaikota juga masih terlihat lancar, karena sebagian warga yang bolak-balik di jalur itu, tidak mengetahui ancaman tiang listrik yang miring tersebut. “Kalau tidak salah, pagi tadi (sekitar pukul 09.30 wita) sudah ada petugas yang datang memperbaiki. Mungkin dari PLN, tapi pondasi yang retak itu, masih terlihat jelas dari jalan karena belum diperbaiki,” tutur Anto, Selasa (22/1/2019).

Penulis : Adhi

PLNrujab gubernur sultra