25 Kru Dua Maskapai Penerbangan Tes Narkoba Mendadak di Bandara Halu Oleo

Suasana tes urine terhadap 25 crew maskapai penerbangan di Bandara Halu Oleo. (HIKMAH/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Direktorat Narkoba Polda Sultra menggelar tes urine dadakan kepada Pilot, Kopilot dan Pramugari maskapai penerbangan Lion Air dan Garuda Indonesia. Ini dilakukan di Bandar Udara Halu Oleo Sabtu, (22/12/2018).

Wakapolda Sultra Kombes Pol Winarto mengatakan terdapat 25 crew yang menjalani tes urine dadakan. Hasilnya mereka semua negatif mengonsumsi barang ‘haram’ tersebut.

“Untuk saat ini belum ada yang teridentifikasi positif narkoba dan kami akan lakukan koordinasi untuk pemeriksaan lanjutan,” tutur Winarto.

Menurut Winarto, tes urine yang dilakukan terhadap pilot dan pramugari secara mendadak ini, bertujuan untuk memastikan kesehatan para pilot dan pramugari saat melayani penumpang. Terlebih Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 akan segera tiba.

“Tes ini juga untuk memberikan jaminan keselamatan kepada penumpang, jangan sampai para pilot atau crew ada yang menggunakan narkoba karena berbahaya pada penerbangan itu sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bandara Halu Oleo; Rudi Richardo memastikan, tes urine yang dilakukan tidak akan menganggu proses penerbangan. Sehingga tidak ada penerbangan yang delay.

“Kami atur agar penerbangan tidak menganggu pengguna jasa penerbangan,” tutupnya.

Reporter: Zurya Hikmah Z
Editor: Restu Fadilah

25 crew maskapai penerbangan tes urineBNNBNNP SultraTes urine