Cegah Korupsi di Kampus, UHO Jalin Kerjasama dengan TII

Suasana penandatanganan MoU pencegahan korupsi oleh Prof Muhammad Zamrun F (kiri) dan Dadang Tri Sasongko (Kanan). (FEBRI WULANDARI/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Universitas Halu Oleo (UHO) bersama dengan Transparansi Internasional Indonesia (TII) melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) alias nota kesepahaman. Ini sebagai bentuk upaya pencegahan korupsi di lingkungan kampus.

“Mari kita satukan niat kita komitmen bagaimana caranya korupsi itu bisa kita hilangkan,” tutur Rektor UHO, Muhammad Zamrun F saat memberikan sambutan di Aula Pasca Sarjana UHO, Kamis,(20/12/2018).

Kata Zamrun, sinergitas perlu dimulai dari Pemerintah Daerah (Pemda), Qparat Penegak Hukum (Apgakum), Akademisi Perguruan Tinggi, dan badan-badan negara yang mewakili daerah. Ini untuk menyatukan pemikiran semoga praktik korupsi bisa dihilangkan.

“Sbagai bentuk tindaklanjut dari kerja sama yang dilakukan ini, kami akan membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi,” imbuhnya.

Sambung Sekjen TII, Dadand Tri Sasongko, Pokja nantinya akan merumuskan program-program pemberantasan korupsi dan perluasan integritas melalui pencegahan dan pengendalian konflik kepentingan.

Sementara itu, Erlangga sebagai perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menekankan agar bagaimanapun caranya ruang gerak korupsi ditutup.

“Kita harus bekerjasama mencegah terjadinya Korupsi apalagi di lingkungan Akademisi,” katanya.

Lanjut Erlangga, UHO merupakan perguruan tinggi yang ke-6 yang bekerjasama dengan KPK untuk mencegah terjadinya Korupsi di lingkup Akademisi. Ia berharap akan semakin bertambah perguruan-perguruan yang bisa menjadi contoh untuk mengimplementasikan konflik kepentingan.

“Dan diharapkan kampus-kampus yang bekerjasama ini bisa  mendorong pencegahan korupsi, serta mempunyai keinginan yang kuat untuk memberantas korupsi bersama,” tutupnya.

Reporter: Febri Wulandari
Editor: Restu Fadilah
Cegah KorupsiUHOUHO Tandatangani MoU dengan TII