Diduga Lupa Matikan Lilin, Rumah di Kolono Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran di Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

KONSEL, LENTERASULTRA.COM – Sebuah Rumah di Desa Mondoe Jaya, Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), kini tinggal puing-puing bangunan usai dilalap si jago merah yang diduga berasal dari sebuah lilin kecil.

Kebakaran rumah di Mondoe Jaya itu terjadi pada Rabu, 13/12/2018 sekitar pukul 21.45 wita. Menurut Aras selaku saksi mata, insiden itu terjadi hanya setengah jam.

“Pas saya keluar tiba-tiba saya lihat api sudah mulai naik, saya langsung berteriak panggil yang punya rumah tapi yang punya rumah ternyata pergi di rumah mertuanya, jadi di rumah itu tidak ada orang,” cerita Aras.

Pemilik rumah, Gusman, mengatakan, kronologis kejadiannya bermula saat dia bersama dengan isterinya meninggalkan rumahnya dengan menyalakan lilin di dalam rumahnya. Saat itu lampu listrik sedang padam secara keseluruhan.

“Saya lagi baring-baring dengan isteriku, pas mati lampu listrik saya bakar lilin dan saya kasih sandar dipapan dekat dinding. Setelah itu isteriku dia ajak saya kita pergi dirumahnya ibu, hanya itu lilin saya lihat tinggal sedikit baru habis,” ucap pemilik rumah kepada lenterasultra.com saat ditemui di Tempat Kejadian Perkara.

Menurut Gusman, penyebab kebakaran itu tidak diketahui secara pasti karena mereka tidak berada di rumah tempat kejadian perkara.

“Kita tidak tahu secara pasti penyebabnya soalnya kita tidak ada dirumah, saya tahu nanti juga nanti dikasih tahu dari warga bahwa rumahku sudah kebakaran baru kita pulang di rumah,” katanya.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah. Pasalnya, semua harta benda yang ada didalam rumah ikut terbakar. Hanya satu yang tersisa dari harta benda pemilik rumah yakni sebuah motor Honda Revo Fit yang berada di samping rumah yang sempat diselamatkan dari puluhan warga yang datang membantu memadamkan api.

Sedangkan Rumah tetangga (Aras) hanya mengalami picah kaca jendela akibat hawa api dan cucian yang ada di tali jemuran pertengahan rumah habis dilalap ap. (Rizal)

kebakarankebakaran kolonokebakaran konsel