Semalam, Gempa Tektonik Kembali Guncang Wilayah Konawe

Info Gempa Mag:2.9 SR, 04-Des-18 22:12:15 WITA, Lok:3.84 LS,122.61 BT (13.5 km BaratLaut Kendari-SULTRA), Kedlmn:9 Km, Dirasakan II MMI di Toronipa ::BMKG-KDI.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Dalam minggu ini, gempabumi tektonik sudah dua kali terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra). Dua hari yang lalu, gempa dengan kekuatan 2.8 SR mengguncang wilayah Kendari. Semalam, gempa tektonik kembali terjadi di Wilayah Konawe dengan kekuatan lebih besar yaitu 2.9 SR. Pasalnya, gempa itu terjadi diakibatkan oleh aktivitas Sesar Lawanopo di wilayah Kendari.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si., menjelaskan, gempabumi tektonik mengguncang wilayah Barat Laut Kendari-Sultra, Selasa tanggal 04 Desember 2018. Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan bahwa gempa berkekuatan M=2.9 terjadi pada pukul 22:12:15 WITA dengan episenter 3.84 LS-122.61 BT sekitar 13.5 Km Barat Laut Kendari-Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 9 km.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Toronipa, Kabupaten Konawe dalam skala intensitas II MMI. Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang,” ungkap Rosa.

Sambungnya, hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Konawe ini, hingga laporan ini disusun, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

“Mekipun begitu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara,” pungkasnya. (Isma)

Gempa Tektonik Kembali Guncang Wilayah KonaweSemalam