Briptu Agus, Penemu BBM dari Sampah Plastik

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt

KENDARI, LENTERASULTRA,COM -Acungan jempol patut kita berikan kepada Anggota Polri Briptu Agus Hartono. Pasalnya tumpukan sampah plastik yang menggunung di tempat pembuangan akhir (TPA) berhasil disulap menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) bernilai jual seperti premium dan solar.

Kabid Humas Poda Sultra AKBP Harry Goldenhardt menjelaskan Bhabinkamtibmas Kelurahan 19 Nopember Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka itu hanya bermodalkan alat yang sangat sederhana dalam bereksperimen. Tidak dijelaskan secara ditel apa saja alat yang digunakan, tetapi langkah pertama yang dilakukan adalah memanaskan limbah plastik itu terlebih dahulu untuk kemudian diembunkan sampai menimbulkan uap.

“Dari uap itu akhirnya di buat menjadi tetesan minyak dan diubah menggunakan bahan kimia menjadi solar dan premium,” ujarnya Saat di temui di aula Polda Sultra pada Jumat 23/11/2018

Hasil temuan ini pun sudah diuji cobakan pada mesin-mesin yang digunakan oleh para petani maupun nelayan. Selanjutnya temuan ini akan diujilabkan oleh Pertamina guna mengetahui apakah minyak yang dihasilkan ini layak untuk mesin kendaraan seperti motor dan mobil.

Lanjut, Harry, Polri, Polda Sultra serta jajaran Polres Kolaka sangat mengapresiasi dan mendukung penemuan ini. Mereka berharap temuan ini bisa dikembangkan dan akan bermanfaat bagi semua masyarakat. Terlebih persediaan minyak bumi juga semakin menipis.

“Hasil dari penemuan ini sudah dilaporkan ke pusat dan Briptu Agus Hartono akan diundang ke Jakarta untuk diberikan penghargaan serta hak paten atas penemuannya tersebut,” tutupnya.

(Hikmah)

Anggota Polda Sultra #Temukan BBM dari Sampah