Jokowi Putuskan Ma’ruf Amin Sebagai Cawapres

Presiden Joko Widodo dan K.H Ma’ruf Amin (Internet)

Jakarta,  LENTERASULTRA.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merampungkan proses pencarian calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampinginya bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Jokowi dan parpol koalisinya telah menyepakati nama Ma’ruf Amin sebagai cawapres.

“Setelah melakukan perenungan dan menerima pertimbangan, masukan-masukan dan saran-saran dari masyarakat. Maka saya memutuskan berdasarkan persetujuan dari partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai Cawapres periode 2019-2024 adalah Prof.K.H Ma’ruf Amin,” tutur Jokowi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (9/8/2018).

Didepan Ketum Parpol Koalisi Indonesia Kerja, Jokowi membeberkan alasannya memutuskan Ma’ruf sebagai wakilnya. Menurutnya, Ma’ruf adalah tokoh Agama yang bijaksana. Ma’ruf juga pernah menduduki posisi legislatif yaitu Anggota DPRD DKI Jakarta, Anggota DPR RI, Anggota MPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan Ketua MUI. Selain itu dalam kaitannya dengan kebhinekaan, Ma’ruf saat ini menjabat sebagai Dewan Pengarah Ideologi Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa ia dan Ma’ruf akan mendaftar sebagai capres dan cawapres Pemilu 2019 ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) pada Jumat, (10/8/2018) besok pukul 09.00 WIB.

Pengumuman nama Ma’ruf sebagai cawapres cukup mengejutkan. Pasalnya sejak kemarin bahkan hingga sekitar 15 menit terakhir nama Mahfud MD menguat disebut sebagai cawapres Jokowi. Mahfud sendiri mengaku diminta stand by sejak semalam dan menyarankan CV sebagai cawapres Jokowi tadi pagi. Bahkan Mahfud MD sudah menjahit kemeja putih, yang diketahui menjadi ciri khas Jokowi. (rere)

Cawapres Jokowi