Tafdil Puji Pelayanan Disdukcapil Bombana

Bupati Bombana H Tafdil (kedua dari kiri) saat melakukan sidak di Disdukcapil Bombana

Lenterasultra.com-Banyak perubahan yang menyolok saat berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bombana. Salah satunya adalah, disiapkannya fasilitas tempat duduk, tepat di depan gedung kantor setempat.

Ada 16 kursi yang disiapkan pihak Disdukcapil. Delapan kursi diletakkan disisi kiri dan delapan kursi lainnya disiapkan disisi kanan. Belasan kursi itu terbuat dari kayu dengan panjang setiap sekitar 130 centimeter. Antara kursi disisi kiri dan kanan hanya diantarai pintu keluar masuk di dalam gedung Disdukcapil.

Selain kursi, pihak Disdukcapil juga menambahkan atap dari canopi, tepat diatas kursi yang di pajang disisi kiri dan kanan. Atap dengan panjang panjang sekitar 3 meter x 8 meter di setiap sisi itu, difungsikan sebagai pelindung dari terik panas matahari dan hujan.

Fasilitas tambahan di Disdukcapil Bombana itu, mulai ada sejak instansi yang mengurusi administrasi kependudukan itu, diamanahkan Haji Tafdil, Bupati Bombana, kepada Andi Nur Alam, Maret 2018, lalu.

“Tambahan fasilitas kursi di luar gedung, sengaja kami siapkan agar masyarakat yang berurusan administrasi disini (Disdukcapil) tidak menumpuk atau antri berdiri di dalam gedung,” kata Andi Nur Alam, via ponselnya, kemarin.

Apa yang dilakukan Andi Nur Alam itu, sampai ditelinga H Tafdil. Untuk membuktikan adanya perubahan di Disdukcapil, Bupati Bombana ini melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Disdukcapil, Rabu siang, (23/5).  Hasilnya tidak mengecewakan, Tafdil justru memuji banyaknya perubahan di Disdukcapil Bombana.

“Dibandingkan pertama saya datang kesini (Capil), masyarakat yang berurusan penuh dan sesak di dalam. Bahkan ada yang duduk di depan teras sini,” kata Tafdil sambil menunjuk teras di pintu masuk Disdukcapil, disela sela melakukan Sidak, Rabu

Dengan adanya kursi tambahan diluar gedung itu, maka dipastikan tidak ada lagi penumpukan di dalam ruangan, pasca penduduk memasukan berkas-berkas pengurusan administrasinya. “Mereka yang menunggu, tinggal duduk duduk saja di kursi, sambil menunggu namanya di panggil,” sambungnya.

Bupati Bombana dua periode ini juga memuji banyaknya informasi yang disampaikan disdukcapil terkait prosedur pelayanan yang harus dilalui masyarakat saat berurusan. Berbagai informasi itu, dipajang di tempat pengunjung menunggu antrian.

Meski memuji banyak perubahan, Tafdil juga tidak luput mengingatkan instansi yang dipimpin Andi Nur Alam itu, untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat Bombana yang berurusan administrasi kependudukan.

“Kalau jaringan bagus dan persyaratan dipenuhi, jangan dihambat tapi dibantu dipercepat agar masyarakat merasa puas,” ungkap Tafdil, di hadapan pejabat eselon tiga Disdukcapil yang mendampinginya saat melakukan sidak. (yadhi)

Diadukcapil bombanaDisdukcapil BombanaZona Sultra