Psikotes KPU Kabupaten/Kota Hanya Diloloskan 12 Terbaik

Peserta seleksi KPU Kabupaten/Kota dari zona II saat mengikuti tahapan psikotes beberapa hari lalu

LENTERASULTRA.com-Tiga tahapan seleksi, sudah dituntaskan tim seleksi (Timsel) anggota KPU Kabupaten/Kota Sulawesi Tenggara. Selain administrasi dan Computer Asissted Tes (CAT), timsel yang terbagi dalam tiga zona juga sudah menggelar ujian Psikotes. Ujian terakhir ini baru akan diumumkan, tanggal 3 atau 4 April besok.

Yang menarik adalah soal jumlah yang akan diambil. Ketua Timsel KPU Kab/kota zona tiga (Konawe Raya Plus Kolaka Utara), Muh Alim Marhadi menyebut bahwa pihaknya akan mengerucutkan peserta menjadi 12 saja dari 18 peserta yang ada saat ini. “Aturannya memang maksimal 15, tapi kami hanya akan meloloskan 12 orang saja,” kata Alim Marhadi.

Penegasan ini berdasarkan surat edaran dari KPU Sultra yang menegaskan bahwa hasil seleksi Psikotes ini akan dikerucutkan menjadi 12 orang. Salah satu pertimbangannya adalah masalah anggaran untuk membiayai tahapan seleksi selanjutnya yakni kesehatan.

Namun perubahan ini ditegaskan Alim Marhadi tidak menyalahi aturan karena ada acuan yang lebih tinggi lagi yang menyebutkan bahwa peserta psikotes yang akan diluluskan mengikuti tahapan selanjutnya paling banyak 15 orang.

Apalagi dalam aturan lain menyebutkan jika penilain hasil psikotes ini berdasarkan sistem passing grade. Dimana batas yang disyaratkan untuk memenuhi syarat diangka 60 sampai 100. Sementara yang tidak memenuhi syarat antara 10 sampai 59. “Jadi kalau ada 8 peserta, tidak mencukupi angka 60, maka 8 orang ini tidak boleh disarankan untuk lulus,” katanya.

Alim Marhadi juga mengungkapkan bahwa sampai sore kemarin, nilai psikotes masih di tangan psikolog. Dia bersama timsel lain dari zona tiga belum mengambilnya. Dosen di UHO ini mengaku, hasil psikotes itu baru akan diambil setelah dia membuka pleno sebelum tanggal 3 April.

Ia juga memastikan bahwa setelah nilai psikotes itu diserahkan, dia bersama dengan tim lainnya akan segera mengumumkannya sehingga tidak mengendap di tangan timsel. Hal ini untuk mengantisipasi isu-isu miring terkait hasil psikotes tersebut.

Sementara itu, timsel dari zona II yang meliputi Kendari, Muna, Muna Barat, Buton Utara dan Bombana juga baru akan mengumumkan hasil tes psiko mulai 3 hingga 5 April ini. “Kami memilih tanggal 3 dan 4 untuk mengumumkanya,” kata Ketua Zona II seleksi Kabupaten/Kota, Dr Mauliddin.

Salah satu dosen di Universitas Halu Oleo ini menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil atau nilai ujian dari tim Psikologi. Setelah itu, timsel baru akan menggelar rapat pleno dan mengumumkan peserta seleksi yang berhak mengikuti ujian di tahap selanjutnya.

Terkait berapa jumlah peserta yang akan diloloskan dalam tahap psikotes ini, ketua timsel KPU zona dua ini tidak bisa memastikannya. Yang jelas, sesuai aturan dari KPU, jumlahnya maksimal 15 orang.(abhixar)

Seleksi KPUtimsel