KPK Sebut Ada Transferan Dollar dari Hasmun ke ADP

Tersangka Hasmun Hamzah, terduga penyuap Walikota Kendari, ADP. Kabar terbaru menyebutkan bahwa KPK sedang mengusut adanya aliran duit lain dalam bentuk dollar dari pengusaha ini ke ADP yang dikirim dalam bentuk dollar

LENTERASULTRA.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rupanya tak hanya bermain di urusan dana Rp 2,8 Miliar yang jadi barang bukti kasus OTT di Kendari, 28 Maret lalu. Komisi anti rasuah itu mulai “melebarkan sayap” penyelidikannya. Demi mendalami hubungan antara tersangka Hasmun Hamzah dan Adriatma Dwi Putra (ADP), KPK ikut memeriksa perusahaan penukaran mata uang asing bernama Porto Valas.

Porto Valas ini beralamat di Sunter, Jakarta Utara. Nah, Senin (2/4) tadi, ada dua orang pengelola usaha ini dimintai keterangan oleh KPK terkait kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Kota Kendari untuk tersangka ADP. Mereka adalah Matthew Theodore, pemilik Porto Valas dan Eka Sari Kartini, dan admin pembukuan Porto Valas.

Juru Bicara KPK, Febry Diansyah membenarkan kabar itu. Kepada lenterasultra.com, Febry menyebut bahwa keduanya dipanggil untuk melengkapi berkas ADP. “Keduanya hadir, tapi saya belum cek ke penyidik jam berapa mereka menjalani pemeriksaan dan jam berapa selesai,” kata Febry.

Yang jelas, kata pria berkacamata ini, dari keduanya penyidik mendalami kebenaran terkait dugaan pemberian dari tersangka Hasmun Hamzah-Direktur Utama PT Sarana Bangun Persada, kepada tersangka ADP yang ditransfer ke dalam bentuk dollar.

Sementara itu saat ditanya berapa jumlah dollar yang diberikan oleh Hasmun kepada suami Siska Karina Imran itu? Febri belum mau menyampaikannya termasuk saat disinggung kapan uang itu ditransfer dan untuk apa peruntukannya. “Belum bisa detil karena penyidik masih melalukan klarifikasi dugaan penerimaan-penerimaan oleh tersangka tersebut,” tuntasnya.

Ditengok di laman resminya, Porto Valas berada di Taman Sunter Indah, Jakarta Utara. Ia adalah salah satu perusahaan swasta nasional yang memberikan pelayanan jasa penukaran mata uang asing berizin, authorized money changer di Jakarta.

Authorized money changer yang ini memiliki slogan “Memberi yang Terbaik” . Porto Valas punya layanan jasa pertukaran uang yang memberikan beberapa kemudahan bagi para pelanggan dengan adanya jasa antar-jemput terhadap transaksi yang hendak pelanggan lakukan, secara GRATIS.(rere)

ADPHasmunKPK