Jadi Shohibul Bait MTQ Sultra, Butur Siap Lahir Batin

Area utama MTQ di daerah Minang-minanga, tepatnya di Desa Linsowu Kecamatan Kulisusu, Buton Utara

LENTERASULTRA.com-Satu persatu kafilah dari berbagai daerah di Sultra kini sedang menuju Buton Utara. Hajatan religius tingkat provinsi, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII bakal segera dihelat, tepatnya 20 Maret nanti. Sebagai Shohibul Bait alias tuan rumah, Butur kini siap. Persiapan kini nyaris 100 persen, dan tinggal menunggu gong tanda dimulainya hajatan itu ditabuh.

Abu Hasan, tentu saja menjadi orang yang paling bangga dengan kesempatan menjadi penyelenggara. Bupati Buton Utara itu sangat percaya, meski usia daerahnya relatif masih sangat muda, tapi tak ada sedikitpun alasan untuk menolak kepercayaan itu. “Kami, Insya Allah sudah siap lahir batin jadi Shohibul Bait,” kata Bupati Buton Utara itu.

Ajang adu kemampuan bernuansa Islam itu bakal dibuka Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi, 20 Maret nanti. Persiapan makin mendekati sempurna. Panggung tetamu kehormatan langsung dicek Abu Hasan, Jumat (16/3) pagi. 11 titik tempat perlombaan didesain bernafas religius. Tempat penginapan para kafilah pun sudah siap. “Ada hotel dan rumah-rumah penduduk yang kita gunakan,” tukas mantan Karo Humas Pemprov Sultra.

Kata Abu Hasan, berdasarkan informasi yang ia peroleh, kafilah akan mulai berdatangan ke daerah pimpinannya itu mulai 17 Maret dan panitia telah menyiakan penyambutan. “Yang sedang kita persiapkan saat ini adalah pelaksanaan pawai taaruf dan pembukaan acara kegiatan,” tambah lelaki berkacamata ini.

Pasangan Ramadio ini menambahkan sekitar 5000 kafilah akan datang ke Butur bukan hanya melalui akses transportasi darat tapi juga laut. Sehingga, segala sesuatunya telah disiapkan bahkan ada penambahan 1 armada kapal fery Labuan-Amolengo sesuai hasil komunikasi dengan Kadis Perhubungan Sultra juga perbaikan akses jalur transportasi darat yang menghubungkan kabupaten lain menuju Butur.(syp)

buturMTQ