Brigjen Iriyanto Jadi Kapolda Sultra ke 17

Kapolda Sultra, Brigjend Pol Iriyanto saat tiba di Mapolda Sultra dengan disambut upacara pedang pora

LENTERASULTRA.com-Sehari setelah dilantik jadi Kapolda Sultra, Brigadir Jenderal Polisi Irianto, S.Ik langsung terbang ke Kendari. Ia tak mau menunda untuk memulai tugasnya yang baru di Bumi Anoa. Ia menjejakan kaki di daerah ini tepat pukul 07.30 Wita, Jumat (16/3) pagi tadi. Ia terbang bersama maskapai Batik Air.

Alumni Akpol 1989 ini kemudian menuju salah satu hotel ternama di kota Kendari. Sekitar pukul 10.00 wita, mantan Wakil Komandan Korps (Wadankor) Brimob Polri ini tiba di Mapolda Sultra. Di tempat tugas barunya ini, Kapolda disambut dengan Tari Mondotambe dan upacara Pedang Pora.

Setelah itu Kapolda Sultra bersama Brigjen Andap Budhi Revianto yang lebih dulu tiba di Polda, kemudian bersama sama-sama menuju halaman Mapolda guna mengikuti upacara Farewell Parade (melepas pejabat lama dan menyambut pejabat baru). Puncak acara di tempat ini ditandai dengan penyerahan pataka Darma Sakti Raharja dari Brigjen Andap kepada Brigjen Iriyanto.

“Dengan penyerahan pataka ini Darma Sakti Raharja ini secara otomatis estafet kepemimpinan di Polda Sultra resmi beralih ke Brigjen Iriyanto,” kata Brigjen Andap, mantan Kapolda Sultra yang kini diamanahkan jadi Kapolda Maluku, saat memberikan sambutan di acara Farewell Parade itu.

Dengan penyerahan Pataka itu, mencatatkan nama Brigjend Irianto sebagai Kapolda ke 17 di jajizah Sulawesi Tenggara. Brigjen Andap menambahkan, personil polisi yang hadir saat upacara siang tadi merupakan representasi perwakilan polisi dari 7080 Polri plus PNS. Rinciannya polisi 6907 dimana personil polisi laki-laki sebanyak 6561 orang dan Polwan 246 personil. Sementara sisanya, 173 orang merupakan PNS. (abhixar)

AndapPOlda