Rajiun Bakal Maju di Pilkada Muna 2020

LM Rajiun Tumada, Bupati Muna Barat (kiri) dan LM Rusman Emba, Bupati Muna (kanan). Kedua tokoh muda Pulau Muna yang saat ini bersinar karier politiknya bakal “saling bunuh” di Pilkada Muna 2020 nanti. Rajiun kini sedang menyiapkan diri maju menantang Rusman di Pilkada 2020

LENTERASULTRA.com-Bila Rusman Emba akan kembali maju di Pilkada Muna, 2020 mendatang, calon petahana itu bakal mendapat rival sepadan. LM Rajiun Tumada, Bupati Muna Barat saat ini sudah menyatakan diri bakal bertarung di Pilkada yang akan digelar dua tahun mendatang tersebut.

Sikap politik ini dilakukan Rajiun mengingat masa jabatannya yang berakhir Februari 2022 nanti, tidak bisa langsung berlanjut karena masa Pilkada di daerahnya baru akan digelar 2024 mendatang, serentak se Indonesia. “Dari pada menganggur, saya belok kanan (ke Muna) dulu,” kata Lm Rajiun di Kendari, Senin (26/2) malam tadi.

Sebagai seorang politisi yang masih muda, ia mengaku sudah membuat grand desain soal langkah-langkah politiknya di masa depan. Dengan usianya yang masih 40 tahunan, kesempatannya menjadi pemimpin daerah, baik itu di Muna, Muna Barat bahkan Sultra masih terbuka. Untuk menguji kemampuan politiknya, maka Muna adalah daerah yang tepat untuk menakarnya.

“Muna dan Muna Barat itu kan hanya terpisah secara administrasi, tapi dua daerah ini dibentuk oleh entitas yang sama yakni Suku Muna dari empat wilayah utama. Jadi semua bersaudara. Artinya, saya punya kesempatan yang sama juga dong. Dengan begitu, siapa tahu akan lahir Muna Raya 1 (calon gubernur) di 2024 nanti,” urai mantan Ketua PAN Mubar ini.

Artinya siap bersaing dengan Rusman Emba? Bagi Rajiun, siapapun adalah kawan bersaing. Prinsipnya, ia tidak akan mengganggu orang karena ia juga tak mau diganggu. Tapi semua orang berhak bermimpi.
“Siapa sangka, saya yang hanya pernah memimpin Satpol PP bisa jadi Bupati. Anak seorang guru biasa, bisa jadi bupati. Kalau saya anaknya pejabat besar, masuk akal kalau saya jadi pejabat juga,” katanya, seperti menyindir mereka yang jadi pemimpin daerah karena lahir dari orang tua pemimpin daerah.

Yang pasti, menurut Rajiun, siapa nanti yang akan memenangkan Pilkada Muna, berarti itu yang lebih pantas menjadi seorang Muna Raya 1 alias calon gubernur Sultra 2024 mendatang. Makanya, ia mengajak kader-kader di Muna untuk memilih pemimpin yang hanya akan 5 tahun saja jadi gubernur.

“Apakah itu nanti saya, Rusman Emba atau mungkin pak Rektor UHO, harus kita dukung nanti kalau jadi Muna Raya 1. Semua akan kita lihat di 2020 nanti. Yang menang di Pilkada Muna, sudah layak jadi calon gubernur 2024 nanti, dan harus kita dorong sama-sama,” tandasnya, tersenyum.(abdi)

rajiunRusman