Seleksi 15 KPU Kabupaten /Kota Terpusat di Kendari

Pertemua Koordinasi dan Silaturahim tim seleksi KPU kab/Kota se-Sultra dengan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu 24 Februari 2018 di aula HKM KPU Sultra pukul 14.00 Wita.

LENTERASULTRA.com-Proses pencarian 45 orang komisioner dari 15 kabupaten/kota di Sultra telah dimulai. 15 orang anggota tim seleksi (Timsel) dari tiga zona yang dibentuk KPU RI, sudah bertemu KPU Sultra, Sabtu (24/2) sore guna berkoordinasi tentang dukungan persiapan pelaksanan seleksi yang secara resmi akan dibuka, 27 Februari nanti.

Dari pertemuan tersebut diputuskan bahwa semua timsel bakal memusatkan kegiatannya di Kota Kendari, baik itu dari Konawe, Konkep, Konsel, Kolut dan Konut (zona 1), Muna, Muna Barat, Buton Utara, Kota Kendari dan Bombana di zona 2, dan Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Baubau dan Wakatobi di Zona 3.

“Kesepakatannya seperti itu. Sekretariat dan segala fasilitas masing-masing timsel di tiga zona semua terpusat di Kota Kendari,” kata Hidayatullah, Ketua KPU Sultra usai perteman kemarin. Ia menegaskan, bahwa KPU Sultra akan mendukung kelancaran pelaksanaan tugas tim seleksi baik adminitrasi maupun personil staf pendukung.

Sedangkan anggaran pelaksanaan kegiatan di tiga zona tim seleksi sudha disiapkan. Meski tidak merinci totalnya, ia menyebut bahwa segala biaya untuk kebutuhan seleksi nanti berasal dari DIPA 076 APBN T.A 2018 KPU Sultra.

“Pengumuman Pendafatran Seleksi KPU Kab/Kota sesuai Jadwal tahapan pada Keputusan KPU No. 61/PP.06-Kpt/05/KPU/II/2018 bahwa Jadwal Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPU Kab/Kota di mulai tanggal 27 Februari – 01 Maret 2018 dan pendaftaran dimulai tgl 02 Maret sampai 12 Maret 2018,” tambah mantan anggota KPU Kota Kendari ini.

Untuk tahap awal, sebelum menemukan sekretariat yang tepat untuk melaksanakan berbagai kegiatan, timsel akan melakukan rapat-rapat persiapan menjelang mulai dibukanya pendaftatan seleksi baik intern timsel maupun dengan tim dari KPU Provinsi Sultra.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan bagi calon anggota KPU Kabupaten/Kota nantinya dilaksanakan di rumah sakit pemerintah/swasta Tipe B karena tipe A di Sultra tidak terdapat. Rumah sakit ini yang ditunjuk oleh KPU Sultra yang akan ditetapkan dengan Keputusan KPU Provinsi Sultra.

“Terhadap tes psikologi, timsel dapat bekerjasama dengan lembaga-lembaga psikolog yang kompoten dan menyampaikannya kepada KPU Provinsi Sultra,” tandasnya.

Untuk diketahui, seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah anggota KPU yang akan dihasilkan nanti tidak lagi 5 orang, tapi tersisa 3. Tugas timsel nanti hanya mengerucutkan para pendaftar menjadi 6 orang, yang nanti oleh KPU RI akan dipilih 3 orang saja.

Jika dulu satu kabupaten punya 5 orang timsel, maka formatnya kali ini berbeda. Lima orang anggota timsel akan melakukan seleksi peserta dari lima daerah berbeda yang dibagi perzona. Salah satu tes yang menarik adalah sistem Computer Asisted Tes (CAT). Setiap peserta akan diuji soal kebangsaan, NKRI dan kepemiluan yang hasilnya akan langsung kelihatan.(isma)

KPUtimsel