Semua Cagub dan Cawagub Sultra Dinyatakan Sehat

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah saat membacakan hasil pemeriksaan kesehatan para kandidat cagub Sultra yang semuanya dinyatakan sehat

LENTERASULTRA.com-Urusan syarat Parpol, semuanya selamat. Masalah kesehatan juga tak ada yang bermasalah. Tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sultra semuanya dinyatakan sehat. Para dokter pemeriksa kesehatan yang ditunjuk KPU, memastikan bahwa para kandidat pemimpin daerah ini bebas dari Narkoba, jiwanya semua waras, dan kondisi kesehatannya memenuhi kriteria.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra secara resmi menyampaian hasil pemeriksaan kesehatan para calon gubernur dan calon wakil gubernur Sultra, Rabu (17/1) sore. Hasil itu telah dipaparkan melalui rapat pleno KPU. Kini hasilnya sudah berada ditangan LO alias penghubun masing-masing pasangan calon.

Sayangnya, tak semua LO pasangan calon hadir. Hanya penghubung Asrun-Hugua dan Rusda Mahmud-Sjafei yang terlihat. Sedangkan kubu Ali Mazi-Lukman Abunawas tak nampak hingga rapat pleno selesai. “Saya tidak tahu alasannya, yang jelas kami sudah menyampaikan ke mereka,” kata Hidayatullah Ketua KPU Sultra.

Meski demikian, kata Hidayatullah, itu bukan masalah. Karena LO tetap dipersilahkan datang mengambil hasilnya di kantor KPU saat jam kerja. Dikatakannya, semua bakal calon baik gubernur maupun wakil gubernur dinyatakan sehat. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Mulai dari tes kesehatan, tes psikologi dan tes narkoba.

Sebelum membeberkan hasilnya, Dayat sapaan akrab dari Hidayatullah menginformasikan kepada masing-masing LO. Bahwasannya, hasil pemeriksaan kesehatan bersifat final dan mengikat. Artinya, jika ada yang ditemukan tidak sehat, maka tidak ada perbaikan. Calon yang bersangkutan langsung diganti.

“Alhamdulillah tahapan ini sudah selesai dan hasil sudah sampai pada masing-masing calon melalui LO. Terkecuali Ali Mazi-Lukman masih kami tunggu. Sebenarnya tidak ada masalah tapi mereka harus tahu hasilnya. Kalau tidak datang nanti kita bawakan,” pungkas Dayat. (isma)

CagubKPU