Hado Hasina Berpeluang Jadi Pj Walikota Baubau

Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina

LENTERASULTRA.com-Tak sampai 15 hari lagi, atau tepat 31 Januari 2018, AS Tamrin akan menuntaskan tugasnya sebagai Walikota Baubau yang sudah diembannya selama lima tahun terakhir. Pemprov Sultra sudah menyiapkan satu pejabat eselon II untuk ditugasi jadi Pj Walikota Baubau, sampai ada Walikota definitif hasil Pilkada yang akan digelar 2018 nanti.

Sudah ada tiga nama yang diajukan Pemprov Sultra ke Kemendagri untuk ditunjuk memimpin Baubau selama masa transisi. Nama Hado Hasina disebut-sebut paling berpeluang. Beberapa pejabat di lingkup Pemprov Sultra tak menampik soal besarnya kans Kepala Dinas Perhubungan Sultra itu.

Dua nama lainnya yang diajukan ke Kemendagri, disebut-sebut hanya sekadar untuk melengkapi syarat yang harus mengajukan tiga nama. Keduanya adalah Kusnadi, Kadis Infokom Sultra, dan Haris Lamarundu, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Ortala Pemprov Sultra.

Hado Hasina dianggap sudah kaya pengalaman birokrasi. Sebelumnya, ia sudah pernah jadi Kepala Dinas PU di Buton Utara, lalu ditarik oleh Gubernur Sultra, Nur Alam ke Pemprov dan diserahi tugas jadi Kepala Dinas Perhubungan. “Beliau memang sepertinya yang jadi prioritas,” kata salah seorang pejabat di Pemprov.

Dikonfirmasi soal ini, La Ode Ali Akbar, Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sultra tak menampik jika Plt Gubernur Sultra sudah mengirim tiga nama yang nantinya diseleksi untuk menggantikan (AMJ) Wali Kota Baubau AS Thamrin dan Wakil Wali Kota Baubau Wa Ode Maasra Manarfa yang akan berakhir masa jabatannya, pada 30 Januari mendatang.

Menurut Ali Akbar, ketiga nama tersebut merupakan pejabat eselon II Pemprov Sultra. “Saya sudah mengusulkan 10 nama pada pimpinan, kemudian tiga nama yang dikirim ke Kemendagri dipilih oleh Plt Gubernur. nama-nama itu sudah dikirim. Nanti Kemendagri yang akan menyeleksi dan mengeluarka SK untuk satu nama sebagai Pj Walikota Baubau. Itu kewenangan Kemendagri,” jelas Ali akbar.

Terkait nama Hado Hasina, Kusnadi dan Haris Lamarundu, Ali Akbar tak membantahnya. Meski demikian ia tidak pula mengakui hal itu. “Saya tidak tahu nama dari ketiga calon Pj Walikota Baubau yang diajukan oleh Plt Gubernur,” tukasnya.(isma)

Baubauwalikota