AS Tamrin Unjuk Kekuatan

Pasangan AS Tamrin-Monianse saat tiba di KPU Baubau, Rabu (10/1) sore

LENTERASULTRA.com-Kekuatan elektoral AS Tamrin di Pilwali Baubau tak bisa diremehkan. Kendati belakangan muncul berbagai sindiran soal kepemimpinannya di kota itu, petahana Walikota Baubau tersebut bisa membuktikan bahwa ia masih memiliki peluang besar melanjutkan periode kepemimpinan.

Memilih hari terakhir pendaftaran, AS Tamrin yang untuk Pilwali edisi 2018 ini berpasangan dengan Ahmad Monianse, mengawali ihtiarnya dengan menggelar deklarasi pencalonannya di Stadion Betoambari. Bukan hanya tokoh-tokoh utama parpol pengusungnya yang terlihat, massa juga sesak memadati lapangan.

Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh bahkan hadir langsung ke Baubau. Ia membakar semangat massa yang hadir, dan siap mengantar AS Tamrin-Monianse ke KPU. Rahman Shaleh dengan lantang mengajak warga Baubau untuk kembali memilih AS Tamrin sebagai Walikota Baubau periode 2018-2023 nanti.

Setelah deklarasi, didampingi pimpinan partai pengusung yakni PAN, Golkar, Nasdem dan PDIP, duet birokrat-politisi ini beranjak ke KPU. Sekira pukul 16.00 Wita, mereka tiba. Jelang magrib, KPU mengumumkan bahwa pendaftaran pasangan ini tuntas.

Rabu (10/1) ini, selain AS Tamrin-Monianse, KPU juga menerima pendaftaran pasangan bakal calon, Hj Wa Ode Maasra Manarfa SSos MSi – Ikhsan Ismail (Mama-Ikhlas). Dua kandidat ini juga dinyatakan lengkap oleh KPU.

KPU melakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan paslon dan syarat calon dengan disaksikanyang Paslon, pengurus parpol, dan tim pemenangan, dan diawasi pengawas pemilihan. Alhasil, keduanya dinyatakan lengkap.

“Pada hari ini, tiga pasang bakal calon yang telah mendaftar dan untuk secara keseluruhan, sudah ada lima pasangan bakal calon yang mendaftar di KPUD Baubau,” ungkap Dian Anggraini, Ketua KPUD Kota Baubau.

Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh saat menyampaikan orasi politik di hadapan massa pendukung AS Tamrin-Monianse

Sementara, As Tamrin, usai melakukan pendaftar mengungkapkan, langka selanjutnya pihaknya akan merapatkan barisan untuk memasuki setiap tahapan pada Pilkada. Dengan menciptkan suatu Pilkada yang damai, santun, tertip dan berbudaya. “Kita tidak ingin Pilkada ini, terlalu menghasilkan konflik, karena ini proses demokrasi yang harus lalui dengan kompetisi yang sehat,” jelasnya.

Lanjutnya, pasangan dengan tagline Tampil-Manis ini akan mengikuti pemeriksaan kesehatan yang akan digelar di RS Bahteramas Kendari.

Selain dua incumben, juga mendaftar dua calon independen, yaitu pasangan Drs Ibrahim Marsela Msi – AKBP Ilyas SSos dan pasangan Nursalan – Nur Mandani SE. Akan tetapi, hingg berita ini diterbitkan, pasangan Nursalan – Nur Madani, menunda pendaftarannya hingga pukul 21.00 wita.(hengki)

AS Tamrinpan