Rusda Lebih Cepat, AMAN Kemudian

Ali Mazi (kiri) bersama Rusda Mahmud (kedua dari kiri) dalam sebuah acara beberapa waktu lalu. Kedua kandidat gubernur Sultra itu, Rabu (10/1) akan mendaftar di KPU.

LENTERASULTRA.com-Dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sultra, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar serta Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) mengkonfirmasi akan mendaftarkan diri ke KPU, Rabu (10/1), besok. Dua pasangan ini dijadwalkan mendaftar di waktu yang nyaris bersamaan. Tapi Rusda sedikit lebih cepat, yakni pukul 09.00 Wita, disusul AMAN sejam kemudian.

Pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar (RM-SK) agak bergerak dari posko pemenangan pasangan ini di kawasan Citra Land, Andunohu, Kendari. “Kami akan lakukan doa bersama dulu, mendengarkan arahan dari Pak Rusda dan Pak Sjafei, lalu ke KPU,” jelas Sukriyaman, juru bicara pasangan RM-SK.

Menurutnya, Rusda sudah menekankan kepada semua tim pemenangannya termasuk simpatisan agar menghindari pengerahan massa besar-besaran karena akan membuat repot banyak pihak. Yang terpenting bukan berapa banyak yang ikut ke KPU, tapi berapa banyak yang memilih RM-SK di TPS nanti.

“Temanya kesederhanaan, itu penekanan. Sebenarnya banyak kawan-kawan dari berbagai daerah yang akan hadir untuk mengantar beliau. Apalagi adrenalin mereka selama ini seperti tertantang karena selalu dianggap tak bisa ambil bagian di Pilgun. Sekarang, ketika kami punya “pintu”, teman-teman juga ingin menunjukan diri bahwa mereka kuat. Tapi beliau (Rusda) meminta dibatasi, maka kami menyesuaikan,” kata Uki, sapaan pria ini.

Terkait partai politik, Uki memastikan tidak ada masalah. Kendati sehari sebelumnya pengurus PPP dan PKB, yang mengusung RM-SK, ikut mengantar Asrun-Hugua mendaftar, Uki menganggap tidak ada masalah lagi. “Kami yakin, mereka (PKB dan PPP) akan bersama kami ke KPU. Kan ini “rumah” mereka juga,” tandasnya.

Ia juga memastikan pengurus DPP dari tiga partai pengusung Rusda-Sjafei yakni Demokrat, PPP dan PKB akan ikut bergabung, Rabu (10/1) pagi nanti guna mengantar pasangan bertagline Sultra Cepat di Tangan Orang Tepat itu mendaftar ke KPU. “Mohon doanya, semua lancar,” pungkas Uki.

Sementara itu, pasangan AMAN dipastikan akan mendaftar ke KPU juga Rabu (10/1). Bedanya, mereka tentu akan menunggu pasangan lain yang sudah lebih awal meregistrasi di KPU, menyelesaikan urusannya. “Kami teregistrasi mendaftar pukul 10.00 Wita,” kata Abidin Ramli, Sekretaris Tim Pemenangan AMAN.

Bedanya, AMAN agaknya sulit menghindari dari semangat para simpatisannya untuk hadir dan mengantar pasangan idolanya itu ke KPU. Menurut Abidin, saat ini saja sudah lebih dari 1000 orang yang menyatakan diri akan ikut bergabung mengantar AMAN ke KPU.

“Kita akan start dari Posko di Jalan Syekh Yusuf, lalu ke KPU,” kata Abidin. Meski dijadwalkan jam 10.00 Wita, pihaknya tentu akan menyesuaikan dengan situasi di KPU jika memang masih ada pasangan lain yang sedang melakukan pendaftaran, agar tidak tergesa berangkat dan menunggu di KPU.

Terkait partai politik pengusung yakni Nasdem dan Golkar, Abidin mengaku sudah dilakukan koordinasi. Ketua DPW Nasdem, Tony Herbiansyah dan Sekretarisnya, Ikhsanuddin Saafi dipastikan mendaftarkan AMAN. Sedangkan Golkar, Selasa (9/1) sore juga sudah dijadwalkan untuk berkoordinasi lebih detail soal teknis.(abdi)

AMANRusda