Istimewanya Konsel di Mata Menteri Amran

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (tengah) berbincang serius dengan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (berkacamata) dan Bupati Konawe Utara, Ruksamin di sela-sela Rakor Pertanian di Kolaka Timur, Rabu (27/12)

LENTERASULTRA.com-Tahun 2019 mendatang, 300 ekor bibit sapi berkualitas premium akan menghuni areal pembibitan sapi yang disiapkan Pemkab Konawe Selatan. Ternak bernilai ekonomi tinggi itu adalah bantuan dari Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Janji itu disampaikan Menteri Amran, di sela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) di Kolaka Timur, Rabu (27/12) tadi, menanggapi pernyataan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga yang menyampaikan sudah disiapkannya lahan seluas 300 hektar di daerahnya, untuk peternakan sapi.

“Sesuai arahan Pak Menteri (saat datang beberapa waktu lalu), lahan peternakan sudah kami siapkan. Kami mohon, Mei (2018) nanti sudah ada bibit sapinya,” kata Surunuddin. Menanggapi itu, Amran malah bertanyak balik. “Bibitnya dari saya maksudnya?” kata pria asal Bone, Sulsel itu.

Kata Surunuddin, hal ini sudah ia sampaikan ke Dirjen Peternakan dan dijanjikan akan diberi 300 ekor sapi. “Wahh, kalau sudah Dirjen saya janji, tidak berani dia kalau tidak terwujud. Jadi, tahun 2019 sudah ada ya..sapinya Pak Bupati,” timpal Amran Sulaiman.

Pemilik gurita usaha berbendara Titan ini menyampaikan bahwa suatu hari nanti, asal pemerintahnya konsisten, Konawe Selatan itu akan jadi kota sapi dan gula. Harus ada pabrik yang memberi nilai lebih terhadap sapi dan tebu.

“Mimpi saya, Konsel jadi kota sapi. Dagingnya jadi sosis, jangan hanya dijual gelondongan. Kulitnya jadi tas, tulangnya jadi pakan. Kotorannya jadi pupuk. Jadi semua bernilai. Tebu juga begitu, pucuknya jadi pakan,” urai Amran Sulaiman.

Jebolan Unhas Makassar itu juga menyampaikan rasa bangganya kepada Surunuddin karena menjadi salah satu petarung di bidang pertanian dan selalu hadir ketika dirinya berkunjung dimanapun di Sultra, bahkan di Sulsel.

“Jadi, untuknya saya berikan bantuan traktor 10 unit, 10 ribu karung pupuk dan 10 ribu bibit jagung dan 1 Unit Ekscavator mini. Traktor kami beli dari hasil pemangkasan anggaran perjalanan dinas sebesar 800 M Tahun 2016,” katanya.(jovi)

amranKonsel