Soal AMAN, Nasdem Tunggu Sikap Golkar

Ali Mazi dan Lukman Abunawas

LENTERASULTRA.com-Dinamika internal Partai Golkar terkait pencalonan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) ternyata juga sedikit mengganggu kosentrasi Partai Nasdem. Hingga saat ini, Nasdem memilih untuk belum menerbitkan SK pencalonan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sultra itu, sebagai modal mendaftar ke KPU.

“Kita tunggu dulu sikap Golkar,” kata La Ode Ihsanuddin Saafi, Sekretaris Partai Nasdem Sultra saat dihubungi lenterasultra.com, Minggu (24/12) sore tadi. Katanya, Nasdem tinggal menunggu bagaimana Golkar, untuk selanjutnya menerbitkan SK berbasis B1-KWK.

Hanya saja, Ihsanuddin memastikan tidak ada diskusi ulang alias pembahasan lagi soal siapa yang akan diusung Nasdem di Pilgub Sultra. Nama Ali Mazi-Lukman Abunawas sudah final, seperti rekomendasi awal yang dikeluarkan partai ini, pertengahan September lalu.

“Kami (Nasdem) tetap AMAN. Soal SK, itulah yang kami tunggu sikap Partai Golkar yang sudah juga mengeluarkan rekomendasi pencalonan Ali Mazi-Lukman Abunawas. Hanya kan ada dinamika yang kami dengar, jadi belum tahu bagaimana. Kami menunggu saja,” kata Ihsanuddin.

Lalu bagaimana Golkar? Sekretaris Partai Golkar Sultra, Muh Basri mengaku masalah Pilgub Sultra sudah diserahkan ke DPP Golkar. Yang jelas, setelah Munaslub, pekan lalu, desk Pilkada Partai Golkar sudah membahas masalah ini.

“Kami dari Sultra pun sudah menyampaikan kondisi di daerah, kami sampaikan apa adanya. Tentang calon yang sudah direkomendasikan tapi ada sedikit hambatan koordinasi. Sekarang kami menunggu saja apa kata Ketua Umum,” kata Basri, saat dihubungi beberapa saat lalu.

Basri memastikan, sikap Partai Golkar akan segera diketahui setidaknya awal Januari nanti, sebelum pendaftaran di KPU dimulai. Ia tak mau berandai-andai apa yang akan terjadi karena domain terkait Pilkada sudah diserahkan ke DPP Partai Golkar.

Untuk diketahui, pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur akan dimulai 8 Januari 2018 nanti. Setiap pasangan calon yang ingin maju Pilgub setidaknya harus didukung partai politik dan atau gabungan partai politik dengan jumlah kursi atau akumulasi jumlah kursi, minimal 9.

Ali Mazi-Lukman Abunawas alias AMAN, sejauh ini didukung dua partai, yakni Partai Nasdem yang punya 3 kursi di DPRD Sultra dan Partai Golkar yang memiliki 7 kursi di DPRD Sultra. Bila digabungkan, sudah mencukupi syarat minimal pencalonan. Hanya saja, belakangan ada dinamika di internal Partai Golkar, seiring pergantian ketua umum beringin.(isma)

AMANCagub