Garuda Kini Terbang ke Wakatobi

Garuda jenis ATR seperti inilah yang akan melayani penerbangan dari Kendari dan Wakatobi, mulai Selasa (19/12) nanti

LENTERASULTRA.com-Sejak Bandar Udara Matahora di Wakatobi dioperasikan 2009 lalu, hanya ada dua maskapai yang pernah dan sedang melakukan penerbangan ke daerah itu, yakni Susi Air yang akhirnya berhenti, dan Lion Air lewat anak usahanya Wings Air yang “menguasai” saat ini.

Tentu saja, dengan kapasitas bandara yang baru bisa didarati pesawat jenis ATR 600 milik Wings Air tidak mampu melayani kebutuhan jasa penerbangan dari dan ke Wakatobi. Soal ini sudah lama dikeluhkan Pemerintah Wakatobi karena secara tidak langsung mengurangi angka kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Kini, tepatnya mulai Selasa (19/12) nanti, maskapai premium ternama, Garuda Indonesia akhirnya bersedia membuka rute ke wilayah Wakatobi, meski masih dengan mengandalkan pesawat jenis ATR mengingat kondisi bandara. “Kerja sama Pemkab dengan Garuda akan dimulai Jumat (15/12). Kita lounching terbangnya Garuda ke Wakatobi di Makassar,” kata Sekab Wakatobi, Ilyas Abibu.

Nantinya, Garuda Indonesia akan melayani penerbangan sebanyak empat kali selama sepekan. Jadwal resmi soal hari keberangkatan itulah yang dibahas di Makassar. “Yang pasti itu, berangkat dari Kendari pukul 12.00 Wita, tiba di Wakatobi sejam kemudian. Jadi calon penumpang bisa kembali ke Kendari hari itu juga,” kata Ilyas.

Mantan pejabat Buton ini memastikan, kerja sama ini atas inisiatif dua belah pihak. Garuda tidak meminta subsidi seat untuk 72 seat yang tersedia karena melihat peluang penerbangan dari dan ke Wakatobi cukup potensial. Sayangnya, untuk urusan harga dan lainnya belum dituntaskan kesepakatanya. “Jadi tiketnya belum dijual resmi,” tukasnya.

Ia berharap penambahan makapai penerbangan Wakatobi akan meningkatkan daya dukung daerah sebagai salah satu destinasi wisata nasional.

Untuk diketahui, pertumbuhan penumpang pesawat udara di Wakatobi semakin meningkat tiap tahunnya. Hal tersebut terlihat pada awal dimulainya pengembangan terminal penumpang yaitu tahun 2013, tercatat sebanyak 11.150 penumpang tiba dan 11.867 penumpang berangkat per tahun.

Pada 2014, meningkat menjadi 17.015 penumpang tiba dan 13.786 penumpang berangkat per tahun. Kemudian di tahun 2015, kembali meningkat menjadi 19.100 penumpang tiba dan 20.081 penumpang berangkat per tahun.

Saat ini, baru satu maskapai yang melayani jasa transportasi udara dari dan ke Waktobi per harinya yaitu maskapai Wings Air (ATR 72-500). Maskapai tersebut melayani penerbangan dengan rute Makassar – Kendari – Wakatobi pergi pulang (PP) dengan frekuensi 1 kali dalam sehari (7x seminggu).

Dengan rencana dibukanya rute penerbangan tambahan ke Wakatobi, diharapkan dapat semakin meningkatkan demand wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau yang masuk dalam segitiga karang dunia.(gayus)

garudaWakatobi